Ikan Belida atau Ikan Belido

Ikan Belida atau Ikan Belido
Ikan Belida atau disebut juga dengan ikan belido, ini merupakan salah satu ikan sungai yang masuk dalam suku Notopteridae (ikan berpunggung pisau). Nama belida atau belido ini di ambil dari salah satu sungai yang ada di Sumatera Selatan, yaitu sungai yang merupakan habitatnya. 

Ikan Belida dapat ditemukan di Sumatera, kalimantan, dan semenanjung Malaya, ikan ini merupakan bahan baku untuk pembuatan kerupuk yang di kenal dengan kemplang, merupakan kerupuk khas palembang dan juga dulu digunakan untuk bahan pembuatan pempek yang sekarang ini di ganti dengan tenggiri. 

Ikan ini sekarang susah untuk ditemukan karena rusaknya mutu sungai dan penangkapan. Ikan ini juga kadang digunakan dalam akuarium sebagai ikan hias karena tampilannya yang menarik. ikan ini juga terancam punah. 

Ikan Belida ini tak hanya terdapat di indonesia, dan juga bukan asalnya dari palembang. Ikan ini penyebaran nyan luas, di anataranya Hindia, Thailand, brunei, Malaysia dan kalimantan.

Kalau dalam bahasa inggris ikan ini dinamakan dengan ‘clown knife fish’. Mungkin karena badan-badannya dan terdapat corak yang mirip dengan pakaian badut, dan bentuk tubuhnya yang mirip dengan pipih pisau.

Ikan belida di Surabaya sudah sangat langka dan ikan ini di Surabaya dinamakan dengan ‘ikan peso/ikan pisau’. kalau di Hindia ikan ini dinamakan dengan ‘chitala chitala’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *