Jenis-jenis Burung Murai Batu Indonesia

Jenis-jenis Burung Murai Batu Indonesia
Sumber:Wikipedia.org
Burung Murai Batu - ini merupakan burung yang bagus untuk petarung dalam jenis burung pengicau. Burung ini memiliki postur tubuh yang indah, bentuk kepala, ekor dan warna bulunya. Maka tak heran juga kalau burung ini harganya mahal dan sangat populer sehingga burung Murai batu banyak diburu oleh pencintanya.

Burung ini banyak dijadikan sebagai burung peliharaan atau untuk di ternakkan. Jenis burung Murai batu cukup mahal harganya bila kicauannya bagus apalagi pernah menang dalam perlombaan, maka burung yang begitu harga jual nya sangat tinggi. 

Di Indonesia terdapat dengan beberapa jenis burung Murai batu dan berikut adalah beberapa jenis burung Murai batu yang ada di indonesia, dan ini yang banyak di cari oleh penggemar dan pehobinya.

  • Murai Batu Medan 
Ini merupakan jenis Murai batu yang kicauannya lebih bagus di antara murai batu lainnya, badannya besar dan berukuran 27-30cm, badanya tegar dan kokoh. Kalau di alam liar burung ini dapat di temukan di Gunung leuser wilayah Sumatera Utara dan Aceh.
  • Murai batu Nias
Ini merupakan jenis burung murai batu yang sangat bagus juga, dia dikenal memiliki kecerdasan dan kemampuan untuk berkicau dengan baik. Biasanya burung ini cepat untuk meniru kicauan yang ada disekitarnya. 
  • Burung Murai batu Lampung
Ini merupakan salah satu jenis burung murai batu yang langka ditemui, harga pun mahal. kalau di alam liar burung ini dapat ditemukan di daerah Krakatau. Mungkin sudah langka juga. Burung ini memiliki ciri-ciri dengan ekor yang tidak terlalu panjang.
  • Burung Murai Batu Jambi 
Burung ini tidak jauh berbeda dengan jenis Murai batu lampung. namun jenis burung murai batu jambi bentuk tubuhnya lebih kecil dan memiliki ekor yang lurus dan rapi. Burung jenis ini mudah untuk di temukan di Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan.
  • Burung Murai Batu Dari Aceh
Burung murai batu ini salah satu jenis yang di lindungi, burung ini di kenal dengan kecantikan tubuhnya.  Jenis burung ini sudah sangat langka dan hampir punah. Harganya pun sangat mahal sampai jutaan rupiah. Burung Murai batu Jenis ini dapat di temukan di kawasan 
Taman Nasional Gunung Leuser.
  • Murai Batu Jawa
Ini mrupakan jenis burung murai batu yang langka, kadang jenis ini dianggap bukan jenis murai batu. akan tetapi burung ini masuk dalam keluarga Copsychus atau satu genetik dengan murai batu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *