Kuau Raja Burung Khas sumatera Barat

Kaua Raja Burung Khas sumatera Barat
KUAU Raja ini merupakan burung khas Sumatera Barat, dalam bahasa ilmiah burung ini dinamakan dengan Argusianus argu, yang masuk dalam suku Phasianidae. Ciri khas dari burung ini memiliki bulu badan yang berwarna coklat dan pada kepalanya agak kebiruan. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang agak besar dan sekitar 200 cm. pada kepalanya terdapat jambul dengan bulu tekuk berwarna agak kehitaman. Ciri khas dari burung ini memiliki bulu sayap dan ekornya yang panjang, dan terdapat bintik-bintik hitam yang menyerupai mata serangga. 

Pada burung betina lebih kecil dari pada burung jantan, dan ukurannya sekitar 75 cm. dengan jambul di kepala agak kecoklatan dan pada sayap dan ekornya tidak sepanjang burung yang jantan dan bentuk mata pada bulunya lebih sedikit dari pada burung jantan. 

Populasi burung KUAU raja sekitaran Asia tenggara. Burung ini dapat di temukan di Pulau Sumatera, Indonesia, Semenanjung Malaysia dan Barneo, pulau kalimantan.

Pada saat musim kawin burung KUAU jantan memamerkan bulu dan ekornya yang panjang dihiasi dengan mata-mata yang terdapat pada bulunya di depan burung betina, dengan menari ini bermaksud untuk mengajak sang pasangannya kawin. Bulu-bulu dan ekornya berbentuk kipas. Burung KUAU hampir mirip dengan burung merak akan tetapi mereka berbeda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *