Sekilas Tentang Tumbuhan Keji Beling

Sekilas Tentang Tumbuhan Keji Beling
Keji Beling merupakan salah satu tumbuhan semak-semak yang bisa tumbuh sampai dengan 1 - 2 meter. Ciri-ciri tanaman ini memiliki batang yang beruas dengan bentul bulat dan berambut kasar. Selain keji beling tumbuhan ini dinamakan juga dengan kecibeling, picah beling (betawi), enyeh kelo (jawa), dan mempunyai nama latin Strobilanthes crispusYang masuk dalam keluarga Acanthaceae. Tumbuhan ini berasal dari Madagaskar dan menyebar ke beberapa negara salah satunya Indonesia dan tumbuh subur di Malaysia. Tumbuhan ini di percaya dapat menyembuhkan diabetes, kencing batu, sembelit, kencing manis dan lainnya. 

Pada tumbuhan mengandung beberapa zat kimia di antaranya kalium, asam silikat, alkaloida, saponin, natrium, kalsium, flavonoida dan polilenoi. Mungkin dengan ini tumbuhan banyak manfaatnya bagi kesehatan.  Selain penyakit yang di sebut di atas tumbuhan herbal ini juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit lainnya.

Mengobati penyakit kanker
Daun keji beling di ketahui dapat membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel sehat yang terdapat dalam tubuh. Selain itu kanker dibutuhkan juga penanganan medis jangan fokus ke tumbuhan ini saja.

Mencegah Kanker
Walaupun daun keji beling dapat membunuh sel-sel kanker pada tubuh akan tetapi daun keji beling juga dapat mencegah penyakit kanker. Ini di karenakan tumbuhan ini mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang akan menjadi penyekit kanker.

Dapat Mengatasi Diare 
Daun keji beling juga dapat mengatasi diare. Ambil secukupnya daun keji beling dan rebuskan dengan 2 gelas air, dan tunggu sampai dengan tersisa 1 gelas air. tunggu sampai dingin air tersebut dan minum. ini dapat mengatasi diare.

Melancarkan buang air kecil
Daun keci beling juga dapat melancarkan buang air kecil, untuk penggunaan nya ambil 4-5 lembar daun kecil beling atau secukupnya, terlebih dahulu dicuci bersih, dan kemudian rebuskan hingga 20 menit dan tunggu sampai dingin dan di minum 2 kali sehari. ini di ketahui dapat melancarkan buang air kecil.

Batu empedu
Ini terletak pada kandung atau saluran empedu yang terjadi karena akibat proses biokimiawi. Cara menggunakan daun keji beling untuk mengatasinya ambil 5-6 lembar daunnya direbuskan dengan dua gelas air sampai sisa setengah dan kemudian diminum di saat sudah dingin. Ini dapat diminum sehari dua kali. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *