Tumbuhan Randu Atau Kekabu

Tumbuhan Randu atau ada yang menyebutnya dengan kapuk randu atau kekabu. Ini merupakan tumbuhan tropis yang masuk dalam ordo Malvales dan famili Malvaceae. dari beberapa sumber tumbuhan ini berasal dari Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia. Yang paling di kenal dari pohon ini yaitu kapas, ya.. buahnya dapat menghasilkan kapas.

Randu merupakan tumbuhan yang tinggi, dan tingginya sekitar 8-30 meter. Batangnya lebar dan bisa sampai 3 meter lebarnya. Buahnya disaat muda berwarna hijau kalau sudah tua akan berubah menjadi hitam dan terdapat serat-serat kapas di dalam buahnya yang sudah tua, kalau sudah tua buahnya akan ter kupas sendiri di atas pohonnya. Maka akan nampak kapas-kapas yang bergantungan kemudian akan jatuh dengan sendirinya kapas-kapas tersebut dan menumpuk di tanah. Buahnya yang masih muda dapat di makan.

Mungkin bayangan anda ini pohon biasa-biasa aja,, azzz tunggu dulu.. Pohonnya yang besar dan lebar itu terdapat duri-duri yang besar bagaikan kerucut yang menempel pada batangnya yang terlihat agak seram untuk di panjat. Orang-orang banyak yang menjadikan kapas dari buah Randu untuk Kasur, Bantal dan Guling sampai sekarang ini. 

Tumbuhan Randu Atau Kekabu
sumber pic:wikipedia.org
Tumbuhan Randu Atau Kekabu
sumber pic:baltyra.com
Mungkin bagi anda yang belum pernah lihat dengan pohon ini, atau anda sangat penasaran dengan pohon ini, seperti di atas lah kira-kira pohon ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *