Ular Gadung Atau Ular Pucuk

Ular Gadung Atau Ular Pucuk
Gambar:wikipedia.org
Ular Gadung atau dikenal juga dengan ular pucuk, ini terdapat dalam beberapa nama sesuai dengan daerah masing-masing misalnya orang Sunda Menyebutnya dengan oray Pucuk, kalau dalam bahasa Jawa di namakan dengan Ula Gadung dan kalau orang Aceh ular ini disebut dengan Ulee Pucok Pisang. Ular ini merupakan ular yang berbisa lemah, ular ini tidak berbahaya bagi manusia. Ular ini dari suku Colubridae.

Ular ini biasanya terdapat di atas-atas pohon dengan sangat mirip dengan dengan dedaunan atau pucuk dari pohon. Ular ini berwarna hijau, panjang dan ramping, ada pula yang berwarna coklat kekuningan atau krem, akan tetapi pada umumnya berwarna hijau. Ular ini panjang hampir dua meter dan biasanya hanya 1.5 meter.

Ular Gadung bila mereka terasa terusik atau ada yang mengganggu mereka maka warna tubuhnya akan berubah, akan muncul belang-belang pada tubuhnya sampai dengan abu-abu.

Ular ini biasanya muncul di pepohonan, semak-semak, ranting-ranting yang kering dan sejenisnya, ular ini jarang terlihat muncul di tanah, khususnya mereka di pepohonan.

Ular Gadung aktif pada siang hari dan memburu, biasanya mereka memangsa kodok, cicak, kadal, burung kecil dan mamalia kecil lainnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *