Anggrek Bulan Bunga Nasional Indonesia

Anggrek Bulan Bunga Nasional Indonesia
Anggrek Bulan merupakan salah satu Anggrek yang populer, ini merupakan salah satu tumbuhan bunga yang di kenal dengan Puspa Pesona Indonesia. Yang di temukan oleh Dr. C.L. Blume, yang merupakan ahli botani Belanda.

Tumbuhan Anggrek ini menyebar dari mulai Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua dan sampai ke Australia. Anggrek Bulan merupakan tumbuhan epifit yang tumbuh dan menempel di batang-batang pohon lain yang lebih besar dari padanya. Tumbuhan ini dapat tumbuh subur dengan ketinggian 600 m dari permukaan laut.

Anggrek bulan adalah salah satu bunga nasional Indonesia, yang dinobatkan sebagai bunga Puspa Pesona. Indonesia memiliki 3 bunga nasional dari tiganya salah satu nya bunga Anggrek Bulan dan di dampingi oleh bunga Melati putih dan Bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii) ini merupakan jenis bunga puspa yang langka.

Anngrek bulan tanaman yang monopodial yaitu yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Ciri daun nya memanjang dengan warna hijau, akarnya berwarna putih dengan memanjang dan agak terasa berdaging. Bunganya harum dan mekarnya lama dan bisa tumbuh sampai dengan 10 cm lebih.

Banyak pehobi bunga anggrek yang membudidayakan bunga ini, dan banyak juga yang menyilangnya sehingga muncul jenis-jenis baru Anggrek Bulan hibrida. 

Dengan keindahannya wajar Anggrek Bulan di nobatkan sebagai bunga nasional, sekarang ini tumbuhan Anggrek Bulan mulai langka di habitatnya disebabkan oleh kebakaran hutan, kerusakan hutan dan perburuan. Oleh sebab itu sekarang ini sudah langka di habitatnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *