Burung Dara atau Merpati

Burung Dara atau Merpati - Burung ini merupakan burung dari spesies keluarga pengicau, yaitu Columbidae dari ordo Columbiformes yang termasuk dalam sekitar 300 spesies burung pengicau. Saya teringat dulu waktu saya masih SD (sekolah dasar) saya pernah pelihara burung ini. kalau kita sering dekat dengan burung ini maka mereka sangat dekat dengan kita dan seperti teman untuk kita. Kalau dalam sehari-hari orang-orang menyebutnya dengan burung merpati dan ada juga yang menyebutnya dengan urung dara, Ini saling bergantian.
Burung Dara atau Merpati

Ciri-ciri Burung Dara atau Merpati berbadan gempal dan leher pendek dengan paruh ramping agak pendek, Kalau warnanya banyak bervariasi. Yang sering kita jumpai sekarang ini adalah Merpati karang atau Dara karang, inilah yang banyak di pelihara oleh orang-orang.

Kalau di alam liar merpati membuat sarang dari ranting-ranting pohon yang kecil yang di tempatkan di pepohonan atau di tanah. Bila di pelihara burung merpati akan di buat tempatnya seperti Tong dengan di lengkapi tempat keluar masuk dan di letakkan di tempat yang tinggi. Mereka akan tidur di sana dan membuat sarang mereka di tong tersebut. Mereka akan mengangkut ranting-ranting ke tong dalam tong itu untuk di jadikan sarang. Merpati akan mengerami telornya 1-2 telur dan jantan dan betina sangat setia pada anaknya yang belum bisa apa-apa pada sarangnya.

Burung Dara atau Merpati memakan biji-bijian, buah dan tumbuhan. Biasanya kalau di ternak kan mereka di kasih jagung dan padi. 

Di Indonesia terdapat beberapa jenis merpati yang sering kita jumpai di antaranya:

  • Merpati Kipas
  • Merpati Pos
  • Merpati Pacuan
  • Merpati pedaging
Inila sekilas tentang Burung Dara atau Merpati yang dapat saya bagikan di lain waktu mungkin akan membahas lagi tentang burung merpati ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *