Harimau putih Panthera tigris

Harimau Putih - Hatimau putih atau di kenal juga dengan harimau begal, ini merupakan salah satu spesies harimau yang dapat ditemukan di india. walaupun daerah penyebarannya harimau ini sangat luas akan tetapi harimau ini sangat langka ini disebabkan oleh pemburuan dan penangkapan untuk dijadikan sebagai hewan eksotik karena harimau ini memiliki warna bulunya yang putih dan terdapat corak hitam.

Kalau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Panthera tigris. Harimau putih terjadi karena kesalahan genetik pada saat di kandung oleh induknya. Sekarang ini harimau putih dapat ditemukan di kebun-kebun binatang dan penangkaran hewan di seluruh dunia. Ini merupakan harimau yang dinyatakan sebagai harimau terbesar ke 2 setelah harimau Siberia.

Sebenarnya Harimau ini sama dengan dengan harimau lainnya akan tetapi mereka memiliki bulu yang berwarna putih. Hewan ini kuat dan besar, beratnya bisa mencapai 300kg dengan panjangnya bisa mencapai 3 meter. Hewan ini bukanlah albino, ini dikarenakan beberapa pigmen yang merubah bulu mereka, dan juga diketahui beberapa harimau jenis ini masih memiliki bulu orange pada bulu putihnya. Mereka memiliki bulu yang indah akan tetapi ini merupakan salah satu kerugian mereka di saat mereka berburu di alam liar, karena mereka tidak bisa menyamar dengan baik di alam bebas buat berburu.


Seperti harimau lainnya, harimau ini merupakan predator yang sangat berbahaya bagi mangsanya, mereka sangat efektif dalam hutan lebat. walaupun mereka bukanlah harimau yang aktif pada malam hari akan tetapi mereka berburu di malam hari, karena gelap makan akan tidak tampak warna putihnya. Harimau putih juga memiliki pendengaran dan mata yang tajam untuk beraktifitas.
 
Pada habitat aslinya harimau putih tidak memiliki predator khusus karena mereka merupakan predator puncak. Namun dengan kehadiran manusia dan pengrusakan alam mereka semakin terpojok, dan populasi mereka semakin mengecil. Harimau putih sekarang ini sangatlah susah untuk di temukan dan kemungkinan juga akan punah dari muka bumi ini.

Harimau putih merupakan sejenis harimau begal yang merupakan salah satu spesies yang terdaftar di IUCN sebagai spesies terancam punah kehidupannya. Menurut perkiraannya sekitar harimau ini terus menurun populasi nya sampai dengan hari ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *