Jambu Kristal dan Manfaatnya

Jambu Kristal dan Manfaatnya - Jambu kristal merupakan salah satu buah yang banyak vitamin, dan merupakan salah satu buah yang banyak berguna bagi kesehatan, buah jambu kristal terdapat vitamin C yang tentunya dapat menangkal berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh, tak hanya buahnya akan tetapi tumbuhan jambu kristal terdapat juga manfaatnya di daunnya dan kulitnya yang berguna untuk mengatasi penyakit seperti halnya diare. Jambu kristal tergolong dalam famili Psidium, spesies Guajava, Myrtaceae. kalau dalam bahasa lati disebut dengan Psidium guajava. Kalau dalam bahasa inggris di sebut dengan Guava. Kalau di Indonesia dikenal dengan jambu biji kristal, jambu siki, jambu klutuk dan jambu batu. Kandungan dalam jambu ini di antaranya Zat besi, Vitamin C, dan potasium. Ini merupakan buah yang istimewa dan kaya akan kandungan yang berguna bagi kesehatan. Jambu kristal juga kaya dengan zat yang non gizi seperti Polifenol, koratenoid dan serat pangan. Kandungan lain yang ada pada buah jambu kristal adalah energi, Rendah lemak, bebas dari Asam lemak jenuh dan sodium dan buah ini tinggi dengan serat pangan.
Jambu Kristal dan Manfaatnya
Sumbe pic: Wikipedia

Jambu Kristal banyak di jumpai di indonesia, rasa buahnya lembut, renyah manis dan nikmat. Buahnya banyak akan kandungan dan nutrisi yang sangat luar biasa, diataranya kadungan vitamin A dan C, serat pangan dan kandungan Asam lemak tak jenuh dan tinggi dengan Omega 3 dan Omega 6. Kandungan vitamin C pada buah jambu ini 8 kali lebih tinggi dari buah lemon dan 5 kali lebih tinggi dari buah jeruk.

Buah jambu biji memiliki bentuk buah yang bulat dan lonjong dan agak sedikit bergelombang kulitnya tergantung dengan jenisnya. Buahnya berwarna hijau dan hijau muda, daging buahnya berwarna putih, tebal, renyah dan bila sudah masak agak lunak.

Beberapa Kandungan Vitamin dalam Jambu Kristal
Kandunga Vitamin C dalam jambu kristal 87 mg, yang lebih dari jeruk manis sekiar 49 mg/100 g, dan lima kali lipat dari orange 19 mg/100 g, dan delapan kali dari lemon 10,5 mg/100 g. dalam hal ini maka kadungan jambu kristal lebih dari jambu bol dan jambu air yang kandungan vitamin C nya hanya per 10 mg di banding dengan jambu kristal 17 kali lipat dari jambu Bol  22 mg/100 g, jambu air  5 mg/100 g.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *