Labu Siam Atau Labu Jipang

Labu Siam Atau Labu Jipang - Merupakan tumbuhan dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae, dalam bahasa inggris disebut dengan chayote. Ini merupakan tumbuhan yang dapat dimakan buah dan pucuk nya yang masih muda. Tumbuhan ini memanjat dan bisa hidup juga di tanah, kadang orang-orang menanamnya di pekarangan rumah atau di dekat kolam dengan buahnya yang tergantung di tangkai dan daunnya segitiga dengan permukaannya berbulu.
Labu Siam Atau Labu Jipang

Labu siam kalau di Indonesia dapat di jumpai di pasar-pasar sayur tradisional. Ini merupakan sayur sekunder yang selalu dapat di jumpai di pasar. Biasanya buahnya di rebus sebentar ulang menghilangkan getahnya dan kemudian dimakan dengan sambal terasi sebagai lalapan dan juga dengan sayur lainnya. Dan juga banyak lagi resep labu siam lainnya menurut masakan-masakan daerah tertentu.

Daun labu siam yang masih muda juga banyak dijadikan sebagai tumisan, dengan rasa yang enak, bila anda bosan dengan tumisan kangkung atau bayam cobalah sesekali dengan tumisan daun labu siam yang masih muda.

Buah labu siam merupakan sayuran penting di Meksiko, dan Costa Rica adalah pengekspor utama labu Siam, Di Australia buah labu siam di iris dan kemudian dibaluri tepung lalu di goreng. 

Sejarah singkat buah labu siam di Indonesia. di indonesia di kenal dengan nama itu karena tumbuhan ini di datangkan dari Thailand (Siam waktu dulu) sama orang belanda. Kalau di sunda orang mengenalnya dengan lejet di jawa di kenal dengan Jipang, Kalau orang Aceh dikenal dengan Labu Jipang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *