Sawo Kecik dan Manfaatnya

Sawo kecik dan Manfaatnya - Sawo kkecik merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang masuk dalam suku sawo-sawoan atau suku Sapotaceae. Pohon ini kadang di tanam di pekarangan rumah dan digunakan sebagai pelindung. Tumbuhan ini biasanya menyukai dataran rendah sampai sedang.
Sawo Kecik dan Manfaatnya

Tumbuhan ini terdapat juga nilai ekonomis tinggi kayu nya dapat digunakan sebagai kontruksi bangunan, untuk pembuatan patung dan sebagainya. Kalau di Indonesia tumbuhan ini banyak tumbuh liar dan juga banyak di tanam di kawasan perkantoran dan rumah-rumah. kayunya memiliki arsitektur baik. Di indonesia banyak terdapat tumbuhan ini dari mulai Sulawesi, Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Sumatera. 

Kita tahu bahwa buah dari sawo kecik dapat di makan, ternyata sawo kecik dapat bermanfaat juga bagi kesehatan, buahnya banyak terdapat gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Pada buah terdapat vitamin, mineral, Protein, serat, zat besi dan juga masih banyak kandungan yang lainnya. Selain itu terdapat juga kandungan antioksidan yang dapat mengkal radikal bebas. Maka dengan ini tak heran kalau buah sawo kecik banyak manfaatnya dan juga buah ini baik untuk perawatan kecantikan.

Berikut ini merupakan Khasiat lainnya buah sawo kecil untuk kesehatan, yang mungkin anda belum anda mengetahuinya.

  • Dapat menghilangkan bau badan 
  • Dapat menurunkan kadar kolesterol
  • Dapat menurunkan Tekanan darah tinggi
  • Dapat melancarkan buang air besar
  • Berguna untuk menghaluskan kulit

Klasifikasi tumbuahan sawo kecik oleh Sugati dan Johny (1991)
Sawo Kecik dan Manfaatnya

Tumbuhan sawo kecil munurut beberapa sumber berasal dari Hindia dan di budidayakan di Asia tropis dan Amerika Tropis. Tumbuhan ini sekarang mulai langka, orang-orang banyak menyebutnya dengan Sawo jawa, kalau dalam bahasa inggris disebut dengan Caqui dan Manilkara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *