Badak Jawa Hewan Langka Indonesia

Badak Jawa atau di kenal dengan badak bercula satu atau juga lebih tepatnya badak sunda, dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Rhinoceros sondaicus yang merupakan keluarga dari  Rhinocerotidae, ini merupakan salah satu badak dari lima yang masih ada. Badak ini sama dengan genus badak hindia yang memiliki kulit bagaikan baju baja. 

Ciri-cirinya 

Badak ini memiliki panjang 3.1 sampai 3.2 meter dengan tingginya mencapai 1.4 sampai dengan 1.7. Badak ini lebih kecil dari pada badak Hindia dan hampir sama besar tubuhnya dengan badak hitam. cula nya kurang lebih 20 cm yang lebih kecil dari pada cula badak lainnya.


Badak ini tak hanya di pulau saja penyebarannya, dan badak ini merupakan salah satu badak yang paling banyak menyebar di Asia, di sepanjang Asia Tenggara, Hindia dan Cina. Jadi badak ini tak hanya di pulau jawa saja. menurut beberapa sumber badak ini mampu hidup sampai dengan 30-45 tahun di alam liar. Badak-badak ini hidup di hutan basah dataran rendah dan di hutan banjir besar, hewan ini menghindari manusia dan bila mereka terasa terganggu maka mereka akan menyerang.
Badak Jawa Hewan Langka Indonesia

Badak jawa memiliki cula kecil dari pada badak lainnya, julanya tidak digunakan untuk bertarung, dan culanya digunakan sebagai pemindah lumpur dan penarik makanan contohnya rumput dan pembuka jalan untuk jalan yang dilewatinya. Hewan ini memiliki bibir panjang dan atas panjang di gunakan untuk mengambil makanan, dan memiliki gigi yang panjang ini digunakan untuk bertarung dan mengunyah makanan. Seperti badak lainnya badak jawa memiliki pendengaran dan  penciuman yang tajam  dan pandangan mata yang buruk.

Badak jawa merupakan hewan herbivora yaitu mereka memakan tanaman, tumbuhan, ranting dan dedaunan. yang di sukai oleh hewan ini adalah tanaman yang tumbuhnya di daerah yang terkena sinar matahari langsung seperti di daerah pembukaan lahan, semak-semak dan tipe vegetasi lainnya tampa pohon.

Badak-badak ini adalah hewan yang tenang dan mereka berkerumunan untuk mencari kubangan, mereka tidak menggali kubangan pada lumpur-lumpur melainkan menggunakan kubangan hasil hewan lainnya atau pun kubangan yang terjadi dengan sendirinya dan memperbesarkannya dengan menggunakan culannya. Hal ini seperti badak lainnya mereka melumpur untuk menjaga suhu tubuhnya dan menjaga dari parasit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *