Buah Sawo dan Manfaatnya

Buah Sawo atau Sawo Manila merupakan salah satu buah yang banyak terdapat di indonesia, buah sawo adalah buah yang enak rasanya dan banyak di kenal dalam kalangan masyarakat, buah ini memiliki serat yang sangat terasa di lidah dan memiliki biji berwarna hitam di saat sudah tua dengan bentuk pipih yang terdapat di antara daging buahnya dan warna buahpun menjadi coklat di saat sudah masak.
Buah Sawo dan Manfaatnya
Buah sawo manila (Manilkara zapota) adalah salah satu pohon yang berbuah dan umurnya panjang dan memiliki beberapa sebutan di Indonesia di anataranya Sawo (Indonesia, Jawa), sauh atau sauh manila, atau ciku (Melayu), Kalau di Aceh kami menyebutnya dengan Boh Siku.

Selain  enak dimakan buah ini juga banyak manfaat bagi kesehatan dan mengandung beberapa vitamin dalam buah yang kecil ini. Berikut ini beberapa kandungan dalam buah sawo dan manfaatnya bagi kesehatan.

Buah Sawo kaya akan antioksidan polifenol yang berupa Tanin. Tanin bermanfaat sebagai obat antiradang, antibakteri, antivirus dan antiparasit. Dengan itu maka buah Sawo sangat cocok sebagai obat anti diare, menghentikan pendarahan dan wasir. Tanin pada buah sawo juga dapat membantu mengatasi  refluks esofagitis, erosif gastritis, enteritis, dan dapat mengatasi gangguan usus.

Mengkonsumsi buah sawo 100 garam ini dapat memberikan energi  83 kalori dan serat 5,6 gram. serat-serat pada buah ini dapat menjadi obat sembelit dan membatu melindungi selaput lendir usus dari racun yang dapat menyebabkan kanker.

Pada buah sawo terdapat juga vitamin C 24,5 % per 100 gram. dan juga pada buah sawo ini mengandung vitamin A. pada keduanya ini dapat menghadang radikal bebas. Pada buah sawo yang masih segar ini banyak mengandung kalium, zat besi, asam folat, tembaga, asam pentotenan, dan niasin. kadungan-kandungan senyawa itu dapat membantu metabolisme dan untuk produksi enzim.
Berikut ini manfaat buah sawo untuk kesehatan. mungkin sebagian orang menggunakan buah sawo ini sebagai menu  makanan sehari-hari mungkin ini sangat bermanfaat besar untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat lain buah sawo untuk tubuh.
  • Sebagai nutrisi organ penglihatan, buah ini banyak mengandung vitamin A. Vitamin A dalam buah sawo dapat bermanfaat sebagai nutrisi mata sehingga ini akan terjaga kesehatannya tiap waktu. 
  • Buah sawo dapat berguna sebagai penangkal kanker yang sangat baik dan alami, kandungan dalam buah sawo contohnya antioksidan, vitamin A, Serat dan vitamin lainnya ini dapat berguna sebagai pencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. 
  • Buah sawo untuk menguatkan tulang, buah sawo adalah buah yang mengandung sumber kalsium, zat besi serta fosfor. kandungan-kandungan inilah yang dapat menjaga tulang anda seiring dengan usia yang bertambah. 
  • Pencegah sembelit yang sangat ampuh. buah sawo mempunyai serat yang cukup tinggi yang sangat berguna untuk memperlancar buar air besar dan untuk mencegah sembelit yang sangat baik. 
  • Mencegah gejala Anemia. Pada buah sao mengandung folat dan dan zat besi, dengan kedua kandungan tersebut dapat mengatasi gejala anemia. 
  • Buah sawo berguna untuk kulit. pada buah sawo terdapat kandungan vitamin A, C dan juga vitamin E. Ini sangat berguna untuk kulit sehingga akan membuat seseorang lebih muda. 
  • Pencegah batu. Buah sawo sangat efektif sebagai pencegah batu ini karena dapat membantung menghilangkan dahak dan lendir pada rongga hidung dan pernafasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *