Burung Cililin, Burung Berjambul

Burung Cililin merupakan burung yang yang berjambul dan memiliki kicauan yang sangat di gemari oleh pencinta burung. Nama latin dari burung ini adalah Platylophus galericulatus, burung ini memiliki kicauan yang khas ngerol dengan speed yang panjang dan rapat. Dengan ini burung ini menjadi masteran terbaik bagi burung Cucak hijau, Murai batu, Pentet. 
Burung Cililin Cokelat
Burung Cililin Coklat
Burung Cililin Hitam
Burung Cililin Hitam

Burung ini dikenal rakus dan susah dalam perawatan nya, dan memerlukan perawatan khusus, karena burung ini gampang sensitif dan gampang stres. Burung berjambul ini memakan jangkrik dan dapat menghabiskan jangkrik 10 sore dan pagi, Inilah burung ini dikatakan burung yang rakus.

Burung Cililin memiliki jambul yang tinggi dan memiliki ukuran tubuh yang agak besar, dan memiliki bercak putih di tekuk dan sekitaran matanya, Ekornya lebar sehingga burung ini tampak gagah.

Burung Cililin habitatnya di hutan-hutan tropis Pulau Sumatera, Jawa, Sumbawa dan kalimantan. Burung Cililin memiliki perbedaan sesuai dengan daerahnya masing-masing contohnya cililin yang terdapat di pulau jawa memiliki warna hitam dan dari daerah lain berwarna coklat dan agak kemerahan. Di alam liar burung ini biasanya memakan serangga seperti jangkrik, belalang, ulat dan lain-lainnya.

Jenis dan Kualitasnya
Burung cililin cokelat memiliki roll yang panjang dan halus, Maka burung cililin cokelat di hargai dengan mahal dan banyak di gemari dan dijadikan sebagai master oleh pehobi burung dari pada burung cililin cokelat. 

Burung Cililin hitam memiliki roll yang pendek dan kasar, sehingga burung cililin yang hitam tidak banyak yang menyukainya dibandingkan dengan yang coklat dan harganya pun lebih murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *