Kolang Kaling dan Manfaatnya Bagi kesehatan

Bulan Ramadhan seperti sekarang ini kita mungkin cocok untuk membahas tentang kolang kaling yaitu hasil dari biji pohon aren (Arenga pinnata),  kolang kaling bentuknya pipih dan bergetah pada bijinya ini juga banyak mengandung air yang sangat tinggi. 

Biasanya kolang kaling di buat dengan biji pohon Aren yang sebelumnya di di bakar dengan api, di saat sudah gosong baru di ambil bijinya dan kemudian di rebus selama beberapa jam dan juga di rendam dalam larutan air kapur beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Kolang kaling banyak mengandung air yang mencapai 93,8 persen ini dalam setiap 100 gram nya, dan juga kolang kaling mengandung 0,69 gram protein dan empat gram karbohidrat, kadar abu sekitar 1 gram dan serat kasar sampai dengan 0,95 gram. Sehingga kolang kaling sangat menyegarkan kalau kita konsumsi. Selain itu kolang kaling berkhasiat untuk memperlancar kerja saluran pencernaan manusia.

Selain itu kandungan kandungan karbohidrat dapat memberi rasa kenyal bagi yang memakannya, dan juga menghentikan nafsu makan yang dapat mengakibatkan konsumsi makanan menurun, sehingga kolang kaling sangat cocok untuk digunakan sebagai diet.
Kolang Kaling dan Manfaatnya Bagi kesehatan

Manfaat kolang kaling

Bahan Makanan
Kolang kaling banyak digunakan dalam bahan makanan dan minuman contohnya dalam bulan puasa, contohnya seperti kolak, manisan, es campur, roti, bajigur dan lain-lain. 

Memperlancar Pencernaan 
Kolang-kaling banyak mengandung serat kasar yang bagus sebagai untuk memperlancar  pencernaan. Selain itu juga dapat memberikan rasa kenyang dan juga menambah energi, dan juga kolang kaling sangat bagus sebagai obat diet.

Obar Radang Sendi 
Pada Biji kolang-kaling banyak mengandung galaktomanan, yang dapat dijadikan sebagai obat radang sendi, ini juga dapat meredakan sakit yang disebabkan oleh peradangan pada sendi. 

Mencegah osteoporosis.
Kolang kaling juga dapat mencegah osteoporosis karena mengandung kalsium dalam 100 gram kolanh kaling mengandung kalsium sampai 91 miligram, ini dapat memenuhi kalsium tubuh dan cocok juga di konsumsi untuk orang yang alergi susu.

Obat gatal-gatal
Getah kolang kaling berguna untuk orang yang sedang mengalami gatal-gatal, membalurkan getah kolang kaling sebelum di bakar sangat baik untuk anda yang sedang menderita penyakit gatal-gatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *