Manfaat Buah Kurma Bagi Tubuh

Buah Kurma merupakan buah yang banyak di jumpai di Timur Tegah, dan menjadi makanan pokok disana. Pohon kurma pada masyarakat mesir kuno batangnya digunakan sebagai pondasi dan daunnya sebagai atap dan tikar, buahnya untuk makanan yang banyak mengandung vitamin.

Kurma asal usul dari tanaman ini kurang diketahui dan di perkirakan berasal dari teluk persia dan telah di budidayakan sejak 400 SM. Pohon kurma pun tidak hanya tumbuh di timur tengah saja akan tetapi tumbuhan ini dapat tumbuh juga di benua Amerika dan Eropa. Keunikan dari tumbuhan ini adalah semakin tandusnya tempat maka pohon ini semakin subur dan semakin manis rasa buahnya.

Buah kurma merupakan buah yang dapat di simpan lama dan kandungan gizi dalam buahnya tidak hilang. Orang-orang arab menjadikan buah ini sebagai makanan untuk perjalanan jauh.
Manfaat Buah Kurma Bagi Tubuh

Nutrisi Dalam Buah Kurma

Buah kurma banyak mengandung banyak zat gula, dan juga 6 unsur lainnya yang penting dalam makanan yaitu lemak, air, protein, mineral, vitamin. Dalam satu porsi buah kurma isinya 7 butir maka terdapat 629 kalori, 4 gr protein ini setara dengan 10% dari kebutuhan yang di sarankan dan 60% serat harian yang di sarankan.

Khasita dan Manfaat Buah Kurma

  • Manfaat buah kurma untuk penangkal racun. Ini dengan memakan 7 butir kurma dapat melawan racun  karena pada kurma mengandung Vitokimia serta memiliki zat antioksidan.
  • Buah kurma sebagai sumber energi. Buah kurma dapat memberikan energi bagi tubuh dan ini sangat cocok untuk menu buka puasa.
  • Buah kurma untuk mencegah kanker usus besar. Kurma yang kaya akan serat ini dapat membantu selaput lendir usus untuk mengikat bahan kimia dan ini dapat mencegah kanker usus besar.
  • Buah kurma juga dapat memperlancar buang air besar.
  • Manfaat buah kurma sebagai anti infeksi, anti inflamasi dan juga sebagai anti hermaracik, karena pada buah kurma mengandung tannin.
  • Vitamin A pada buah kurma dapat bermanfaat bagi kesehatan mata, kulit dan melindungi dari kanker paru-paru dan kanker mulut.
  • kurma mengandung zat besi yang baik. zat besi tersebut merupakan komponen hemoglobin dalam darah merah dan yang menentukan gaya oksigen dalam darah.
  • Pada buah kurma terdapat juga kalium yang berguna untuk mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga ini dapat melindungi dari jantung koroner dan stroek.
  • Kalium pada buah kurma juga sangat baik untuk kesehatan jantung, kandungan zat besi dan B kompleks mikro nutrient ini untuk membentuk sel darah merah dan mencegah dari anemia.
  • Zinc ini untuk meningkatkan hormone testosterone ini bermanfaat untuk kebugaran pria.



Kandungan yang terdapat pada buah kurma sangat kompleks. kandungan gloukosa dan fluktosa ini dapat memberikan energi pada tubuh. Selain itu zat gula kurma mengandung air, protein, serat dan pada buah kurma sangat sedikit mengandung asam lemak jenuh. Dan buah kurma juga mengandung vitamin kompleks, Vitamin A, B1, B2, B6, C dan juga mineral dan asam organic. Waaaww lengkap dan banyak vitaminnya pada buah kurma ya..? ini sangat baik untuk dijadikan menu dalam makanan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *