Tumbuhan Buah Leunca

Buah Leunca atau di kenal juga dengan buah Ranti ini merupakan tumbuhan dari anggota terung-terungan (Solanaceae), buah ini digunakan dalam sayuran dan juga banyak digunakan dalam obat-obatan. Tumbuhan ini berasal dari Asia Barat, yang sekarang tersebar ke berbagai daerah karena tumbuhan ini mampu bertahan hidup dalam kondisi apapun. Kalau dalam bahasa inggris tumbuhan ini disebut dengan European atau black nighthade.
manfaat buah leunca

Ciri-ciri Tumbuhan Launca
Tumbuhan ini banyak tumbuh di tempat yang terang contohnya di ladang atau kebun, terna atau perdu tahunan atau semusim, tinggi tumbuhan ini mencapai 120 cm dengan batangnya cenderung tidak berkayu dan terdapat rambut halus, Daunnya mencapai 7 cm dengan lebar 5 cm, bungannya tersusun dalam rakai dan mahkota bewarna putih agak kehijauan. kepala sari tegak dan menutupi putiknya. Buahnya bewarna hijau di saat mudah dan keuguan di saat mulai masak dan berukuran kecil.

Buah mengkal dan bisa mengandung racun, ini tergantung galurnya, buah yang dapat di konsumsi berasal dari kultivar yang racunnya dalam kadar rendah, dengan ini makan disarankan memakan buah rantik tidak sembarangan tempat.

Kalau di Indonesia tumbuhan ini banyak nama sesuai dengan daerah tumbuhnya di antaranya Ranti (jawa), Launca (sunda), Anti, Bobosa (Maluku). Dalam bahasa asing: enab el-deeb (Arab), long kui (Tiong Hoa). Dalam bahasa latin disebut dengan Nama : Solanum nigrum L.

Manfaat Sebagai Obat Tumbuhan Launca
Menurut penelitian launca terdapat kandungan beberapa bahan kimia di antaranya solamargine, solasonine, solanine dan solasodine. Kandungan senyawa-senyawa ini diketahui dapat membunuh sel-sel kanker yang berbahaya. 
  • Solasodine ini berguna untuk menhilangkan sakit (analgetik) antiradang, penurun panas dan antishok 
  • Solasonine dan Solamargine ini berguna sebagai efek antibakteri
  • solanine ini berguna sebagai antimitosis
Senyawa-senyawa yang terdapat dalam kandungan buah Launca ini berguna untuk mengatasi kanker di antaranya kanker payudara, leher rahim, saluran pernapasan dan lambung.

Dalam obat-obatan tradisional cina Launca ini digunakan sebagai anti biotik, diuretik (peluruh air kemih), antiradang, melancarkan darah, menghilangkan bengkak, antipruritus (menghilangkan gatal), peluruh dahak, pereda batuk dan juga sebagai penurun demam.

Khasiat Lainnya
  • Radang Kulit
  • Infeksi saluran kencing
  • Keputihan
  • Disentri
  • Mata kering
  • Biduran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *