Buah Matoa dan Khasiatnya

Matoa dalam bahasa ilmiahnya di sebut juga dengan Pometia pinnata, ini adalah tumbuhan khas papua dengan pohonnya besar dan tinggi mencapai 18 meter dengan diameternya 100 cm. Tumbuhan matoa berbuah sekali dalam setahun, dengan berbunga pada bulan juli sampai Oktober dan berbuah 3-4 bulan setelahnya. Tumbuhan ini menyukai tempat yang kering dan tidak tergenang. Penyebarannya di Papua dan hampir terdapat diseluruh daerah dataran rendah sampai dengan ± 1200 m dpl. Tak hanya di papua tumbuhan ini juga terdapat di Maluku, Sulawesi dan Papua New Guinea.
Buah Matoa dan Khasiatnya

Buah metoa rasanya manis dan harum, di papua tumbuhan ini dikenal dengan dua jenis yaitu metoa kelapa dan metoa papeda yang masing-masing dari keduanya memiliki perbedaan masing-masing. Tumbuhan ini tahan pada kondisi alam dingin maupun panas, dan tumbuhan ini tahan terhadap serangga yang merusak buahnya.

Tumbuhan metoa di papua tumbuh liar di hutan-hutan, dan tumbuhan ini adalah tumbuhan sejenis rambutan, dan masuk dalam keluarga rambutan yaitu Sapindaceae. Kalau Papua New Guinea tumbuhan ini disebut dengan taun. dan juga terdapat beberapa nama tumbuahan ini sesuai dengan tempat tumbuhnya diantaranya ganggo, jampania, jagir, kasai, kase, lamusi, kungkil, lengsar, mutoa, lanteneng, pakam, sapen, tawang, tawan, dan wusel. Ini berarti tumbuhan ini tak hanya dapat di jumpai di papua akan tetapi di daerah lain banyak juga terdapat tumbuhan ini.

Dijawa terdapat juga tumbuhan ini, akan tetapi ini buka untuk di budidayakan akan tetapi sebagai pendamping tanaman hias dan kadang juga tumbuh liar. Selain buahnya yang manis ternyata pohon matoa dapat dijadikan kayu yang bagus dan bernilai ekonimis, pohon matoa keras tapi mudah dikerjakan dan kayunya banyak dijadikan sebagai papan, bahan bagunan, perabot rumah tangga, dan juga sebagainya. Penampilan kayu matoa juga cukup indah.

Tumbuhan matoa dapat di perbanyak atau dikembangbiakkan dengan biji dan juga dapat dilakukan dengan cangkok serta okulasi, tumbuhannya dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Terdapat keunikan dari buah matoa yaitu saat digigit terdapat aroma seperti aroma buah durian dan juga rasa di lidah pun sedikit terdapat rasa durian. Akan tetapi tumbuhan matoa tidak ada hubungannya sama sekali dengan durian. Buah metoa terdapat vitamin C dan vitamin E, akan tetapi kalau kita konsumsi buah metoa dalam jumlah banyak maka kita akan mabuk karena rasa manis dalam buah ini berasal dari kandungan glukosa jenuh yang banyak.
Buah Matoa dan Khasiatnya

Sekilas tentang vitamin C, vitamin C dalam buah metoa dapat berkhasiat untuk daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan, dan juga menangkal radikal bebas yang menyerang sistem kekebalan tubuh, dan vitamin E berkhasiat buat elastisitas dan kelembaban kulit dan membantu menghilangkan stress, dan meningkatkan kesuburan, dan meminimalkan resiko penyakit kanker dan jantung koroner.

Khasiat Bagi Kesehatan

Setelah kita membahas tentang buah metoa dan asalnya sekarang kita membahas tentang manfaatnya bagi kesehatan dan ini bila anda ingin menggunakannya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah metoa banyak mengandung vitamin C. seperti yang kita tahu bahwa vitamin C mencegah radikal bebas serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bila daya tahan tubuh anda meningkat tentu saja ini akan terhindar dari virus dan penyakit.

Mengatasi Stres
Buah metoa terdapat kandungan obat penenang alami, salah satunya vitamin E yang membantu meringankan stress. Ini dapat digunakan dengan mengkonsumsi buahnya saja.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Vitamin C yang terkandung dalam buah metoa dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. bila anda mengalami makanan kurang sehat maka depat menggunakan buah ini untuk penyeimbang.

Mengurangi resiko kanker
Mengkonsumsi buah metoa dapat mencegah sel kanker yang tumbuh dan berasal dari kasinogen, karena pada buah metoa mengandung antioksidan dan juga vitamin C yang akan membantu mengaktifkan antioksidan tersebut.

Menyehatkan Kulit
Dalam beberapa alat kosmetik banyak ada juga yang menggunakan Vitamin E untuk bahannya. Maka dengan ini anda dapat mengkonsumsi buah ini untuk menjaga menyehatkan kulit anda. Ini merupakan salah satu vitamin E yang bersumber dari bahan alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *