Buah Takokak dan Manfaatnya

Takokak merupakan salah satu tumbuhan dari terong-terongan yang digunakan dalam sayuran, kalau dalam bahasa ilmiah dinamakan dengan Solanum torvum Swartz. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat banyak yang menyebutnya dengan beberapa nama di antaranya Cepokan, Terong Merenti, takokak, cokowana ada pula yang menyebutnya dengan terong pipit, kalau kami di Aceh sering menyebutnya dengan Boh Cawieng.
Buah Takokak dan Manfaatnya

Pasti banyak yang mengenal dengan tumbuhan ini, anda mungkin sering menjumpainya, tumbuhan ini banyak tumbuh di semak-semak dan hutan. Buahnya kecil-kecil berwarna hijau dan dalam satu tanda terdapat dengan beberapa buah, batangnya banyak durinya, hampir semua batang berduri.

Tumbuhan ini tersebar di Antila. Kini tersebar luas di daerah tropis salah satunya di Indonesia yang tumbuh liar di hutan-hutan dan semak-semak. Takokak hidup pada dataran rendah sampai dengan ketinggian 1600 mdpl.

Manfaat Untuk Kesehatan

Takokak kaya akan kandungan kimia sperti chlorogenin, torvogenin, sisalogenone, Vitamin A pada buah, solasin 0,1% neo – chlorogenine,jurubine (pada akar)dan  panicolugenin (pada daun). Dalam farmakologi Cina disebutkan tanaman ini memilki rasa pedas, sejuk, agak beracun. Manfaatnya untuk kesehatan bisa digunakan untuk sirkulasi, mengatasi darah beku, menghilangkan rasa sakit dan menghilangkan batuk (antitusif).

Manfaat lainnya tumbuhan Takokak 

Batangnya dihancurkan dan  diletakkan pada gigi yang sakit. Akarnya dapat digunakan sebagai tonik dengan cara di rebus dengan jenis tanaman lainnya. Daunnya sebagai diuretic ini dapat dilakukan dengan direbus dan diminum airnya. Buahnya sebagai obat darah tinggi.

Selain yang di atas tumbuhan banyak juga manfaat untuk pengobatan lainnya.
  • Akarnya dapat digunakan sebagai Obat bengkak terpukul, pinggang kaku
  • Akarnya dapat digunakan sebagai Obat tidak datang haid, sakit lambung
  • Akarnya dapat digunakan sebagai Obat batuk kronis
  • Daunnya berguna sebagai Obat bisul dan koreng
  • Daunnya berguna sebagai Obat jantung berdebar (tachycardia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *