Burung Luntur Jawa atau Apalharpactes reinwardtii

Burung Luntur Jawa atau dalam bahasa ilmiahnya Apalharpactes reinwardtii, atau di kenal juga dengan Harpactes reinwardtii. Kalau dalam bahas inggris di kenal dengan Java Tragon atau disebut juga dengan Blue-tailed Trogon. Nama lain di Indonesia adalah Luntur Gunung. Ini merupakan burung yang bertubuh besar dan panjang tubuhnya mencapai 34 cm dengan bulu dominan dengan warna hijau dan kekuningan dan biru mengkilap hijau. Bagian tubuh bawah warna hijau dan irisnya bewarna coklat, kaki orange dan juga paruh orange bila dewasa dan warna coklat bila masih muda.
Burung Luntur Jawa atau Apalharpactes reinwardtii
Sumber pic: Wikipedia.org

Burung ini hidup di pegunungan daerahnya yang lembab sukender dan primer. Daerah penyebarannya hanya di daeraha jawa barat dan juga dapat di temukan di Sumatera di sepanjang bukit barisan.

Kalau dalam segi makanan burung ini memakan buah-buahan dan serangga seperti jangkrik, kumbang dan juga lainnya. Burung ini biasanya nangkring di pepohonan sambil meneduh dan juga menunggu mangsa yang lewat.

Di saat musim kawin burung Luntur jawa membuat sarang pada lubang pohon atau bekas sarang burung lainnya, biasanya bertelur dengan 2 telur dengan telurnya berwarna kuning tua, dan musim kawinnya biasanya sekitaran bulan agustus.

Menurut catatan IUCN pada tahun 2014 burung ini juga populasinya terancam punah. Demikianlah sekilas tentang burung luntur jawa.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *