Jenis Burung Kakak Tua Indonesia

Jenis-jenis burung Kakak Tua Di Indonesia - Burung yang satu ini pernah di jadikan sebagai lagu anak-anak di Indonesia, burung ini sangat populer karena memiliki kecerdasan dan pandai meniru suara manusia. Ciri khas dari burung ini yaitu memiliki jambul pada kepala burung kakak tua ini. Burung ini merupakan burung yang lindungi oleh pemerintah seperti halnya burung Cenderawasih, , Burung nuri, Burung jalak bali dan lainnya yang sekarang mulai langka pada habitat aslinya.

Sekarang ini saya mau bagikan beberapa jenis burung kakak tua yang ada di indonesia, berikut ini adalah jenis-jenis burung kakak tua serta gambarnya.

Burung Kakak Tua Putih
Kakak Tua Putih

Burung kakak tua yang ini mempunyai berat mencapai 400 gram dan yang jantan lebih besar dari pada betina dan mereka bisa mencapai 800 gram, dan juga paruhnya lebih besar dari betina, mereka banyak hidup di daerah tropis dan daerah penyebarannya di Kepulauan Maluku Utara.

Kakak Tua yang satu ini mempunyai jambul dengan melebar tegak di saat mereka kaget, sesuai dengan namanya burung ini memiliki bulu yang berwarna putih, diperkirakan burung ini mampu bertahan hidup di alam bebas sampai 80 tahun.

Burung Kaka Tua Rawa

Burung ini memiliki berat sekitar 270-630 gram, dan tingginya sekitar 35-41 cm, dan ukuran paruhnya sama atas dan bawah, pada umumnya burung kakak tua ini jantan lebih besar dari pada betina dan juga beratnya, burung kakak tua ini banyak hidup di daerah rawa-rawa dengan gampang untuk mencari minum, burung kakak tua ini memakan biji-bijian seperti jagung dan gandum. Daerah penyebarannya di Papua Indonesia, Papua Nugini sampai dengan Australia.

Kakak Tua Maluku
Kakak Tua Maluku

Ini merupakan burung kakak tua asli Maluku, dan mereka mempunyai tinggi sekitar 45-52 cm, dengan beratnya kurang lebih 850 gram, dan juga ini merupakan kakak tua yang terbesar di dunia, ukuran jantan lebih besar dari pada betina. Burung ini memiliki warna putih dan merah muda dengan ekor warna agak ke-kuningan, burung ini memiliki suara keras dan nyaring. 

Kakak Tua Jambul jingga
Kakak Tua Jingga

Ini merupakan burung kakak tua endemik pulau sumba dan mereka memiliki warna jingga, sayapnya berwarna kuning dan putih pucat dengan kaki kuat dengan cakar-nya, kakak tua ini mampu bertahan hidup sampai dengan  50 tahun dan ukurannya 13 - 15 inci.

Burung Kakak Tua Kanimbar
Kakak Tua Kanimbar

Kakak tua ini berasal dari Kepulauan Maluku, tepatnya di daerah kepulauan Tanimbar. Ukuran tubuhnya panjang sampai 31 cm dengan berat sampai dengan 250 gram, dan ini merupakan salah satu kakak tua terkecil di dunia, mereka memiliki bulu rata-rata berwarna putih dan kakak tua tanimbar ini bisa bertahan hidup sampai dengan 30 tahun.

Burung Kakak Tua Raja Hitam
Kakak Tua Raja Hitam

Burung kakak tua raja hitam hampir semua tubuhnya berwarna hitam, dari mulai bulunya yang berwarna hitam, paruh hitam, pipi warna merah dengan lidah menjular berwarna merah dan kaki hitam. Burung ini memiliki ukuran tubuh 55 sampai dengan 60 cm dengan berat 900 sampai 1200 gram. Ini merupakan salah satu kakak tua  yang besar di dunia. 

Daerah penyebarannya dari mulai kawasan queensland Australia, Papua nugini dan juga papua-indonesia. Burung kakak tua ini mampu bertahan hidup sampai dengan 60 tahun, dan burung kakak tua raja hitam cerdas, suaranya keras dan nyaring bila di latih dengan baik maka dia mampu meniru bahas manusia dengan baik.

Ini mungkin yang dapat saya bagikan hari ini semoga bermanfaat untuk anda-anda sekalian, terima kasih telah baca-baca di blog saya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *