Kowak-Malam Abu (Nyctixorax nycticorax)

Kowak-Malam Abu atau dikenal juga dengan Kowak-Malam Kelabu, ini merupakan sejenis burung cagak malam dari famili ardeidae. Burung ini pada malam mengeluarkan suara keras dengan nada serak, wak..wak.. sambil terbang dan berulang-ulang pada malam hari. Burung ini dikenal juga dengan burung kowak maling pada kalangan nelayan karena mereka kadang mencuri ikan id tambak.

Nama ilmiah dari burung ini adalah Nycticorax nycticorax (L.). yang artinya 'Gagak Malam' karena suara seraknya mirip dengan suara Gagak, (Gr.: nyctus = malam, corax = gagak). Kalau dengan bahasa inggris dikenal dengan Black-crowned Night-heron.

Burug kowak malam berukuran sedan dan pada dewasa-nya berukuran sekitar 64 cm dengan berat 800 g. kepala agak besar dan kekar. Pada saat dewasa-nya memiliki mahkota yang berwarna hitam kebiruan, dada sampai leher warnanya putih, punggung dan mantel-nya warnanya hitam kehijauan atau kebiruan. ekor dan sayap warnanya abu-abu.

Paruhnya panjang dan meruncing dengan warna hitam, iris mata merah, kuning pada saat muda. kaki kuning dan berubah kemerahan di saat berbiak.

Pada saat musim kawin burung ini memiliki dua bulu putih hiasan yang memanjang dari belakang kepala sampai dengan mantel-nya, burung muda memiliki bulu dengan warna coklat kusam serta terdapat bintik-bintik putih yang mencolok, yang mirip dengan anak burung kowak malam merah (Nycticorax caledonicus)
 
Burung ini aktif mencari makan pada malam hari dan pada siang harinya mereka beristirahat dengan bertengger sambil merumuk dalam  kelompok pada dahan-dahan atau disela-sela dedaunan pohon yang tidak jauh dari air. Pada saat hari mulai petang burung-burung mulai keluar dan beterbangan di sekitar tempat istirahatnya, pada saat magrib mereka terbang dan mencari makan masing-masing.
 Kowak-Malam Abu (Nyctixorax nycticorax)


Burung-burung ini terbang dalam kegelapan malam dan sambil teriak-teriak dengan khasnya yang dapat terdengar sampai jauh. Pada saat pagi mereka akan kembali ke tempat beristirahat sambil mengeluarkan suara-suara juga dengan saling memanggil.

Burung ini memangsa serangga air, ikan-ikan, kodok, ular kecil sampai dengan tikus dan cerurut. Burung ini memangsa sekitar tempat yang berair seperti persawahan, sungai, tambak, rawa dan padang rumput

Sarangnya biasa mereka membuat di atas-atas pohon di atas air, berbiak dalam berkoloni. Sarangnya di buat dalam ranting-ranting  kecil dalam tajuk pohon yang rimbun tersembunyi. mereka bertelur 2-4 telur, dengan warna biru kehijauan pucat. 


Burung Kowak malam tersebar sangat luas hampir di seluruh dunia. Kalau di indonesia mereka dapat di jumpai di Sumatera, Borneo, Jawa, sulawesi, Bali dan Flores.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *