Desain Logo Murah Online Hubungi Kami Disini

Macam-macam tikus dan Penjelasanya

Tikus merupakan salah satu binatang perusak dan sangat menyebalkan, tikus juga sangat mengganggu, Tikus juga membawa penyakit dan juga sifat pengeratnya. Tikus juga terbilang cerdas dalam beraktifitas, tikus juga disimbolkan sebagai koruptor. Mereka sering merusak tanaman petani dan juga kalau di rumah mereka sering mencuri barang-barang kemudian di kumpulkan di suatu tempat. Contohnya di bawah lemari dan tempat-tempat lainnya di rumah untuk dijadikan sarangnya.

Tikus merupakan mamalia yang masuk dalam suku Muridae, Spesies yang sering dikenal adalah mencit (Musssp), Tikus got (Rattus Norvegicus), Tikus Rumah (Rattus Rattus), tikus sawah (Rattus argentiverter), wirok (bandicota sp), dan curut/celurut (shrew).

Mencit
MENCIT

Ini merupakan tikus pengganggu dan dapat di jumpai di rumah-rumah dan hewan ini sangat penggaggu. Mereka sering merusak seperti mengigit meubel dan juga barang-barang lainnya. dan mereka bersembunyi dan membuat sarang di sudut-sudut lemari dan perabotan lainnya, dan mereka sangat cepat menyesuaikan diri dengan perubahan yang di lakukan oleh manusia. Menurut beberapa sumber tikus ini adalah hewan asli Asia, India dan Eropa barat. Tikus mencit memakan makanan manusia dan juga sekarang ini mencit banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan dan banyak di pakai buat percobaan ilmiah. 

Tikus rumah
TIKUS RUMAH

Tikus ini adalah tikus yang banyak kita jumpai di rumah-rumah dengan ekornya yang panjang dan dan kadang tikus ini pandai memanjat dan melompat. Tikus ini banyak terdapat di daerah hangat karena di daerah dingin mereka kalah bersaing dengan tikus got. Tikus ini perenang yang buruk berbeda dengan tikus got yang pandai berenang, tikus ini gesit dan pintar dan pandai melompat. Tikus ini biasanya berkeliaran pada malam hari dan tidur di siang hari. Warna bulunya biasa hitam dan coklat terang. Ukurannya 15-20 cm dan ekor ± 20cm, dan tikus ini hidup 2 sampai 3 tahun, hidup berkelompok dan betina beranak 3 sampai 7 ekor.


Tikus Got

Tikus got (Rattus norvegicus) merupakan salah satu jenis tikus yang banyak di jumpai di perkotaan, dan juga di kenal dengan tikus putih dan tikus ini banyak dai jadikan sebagi percobaan dan juga hewan peliharaan.

Tikus Sawah

Ini merupakan jenis tikus yang sangat mengganggu bagi petani, umumnya tikus ini tinggal di dalam-dalam tanah dengan sarangnya yang berlobang-lobang, tikus ini banyak tinggal di sawah, ladang dan padang rumput, ukurannya sedang lebih kecil dari tikus got, dan warnanya coklat kekuningan. biasanya mereka memakan biji padi jagung dan eumput. mereka banyak merusak tanaman petani. 

Wirok
WIROK

Tikus Wirok merupakan tikus terbesar yang berasal daei anak benua india Sekarang ini wirok sudah tersebar di beberapa daerah Pakistan hingga Myanmar, Sri langka, pulau pinang dan Indonesia. Ciri-cirinya memiliki bulu yang kasar dan pendek, bagian punggung (dorsal) dengan warna gelap ( coklat kehitaman dan kebu gelap) sedangkan pada bagian perut(ventral) berwarna kelabu cerah dan coklat kekuningan. kaki belakangnya mempunyai lima jari berkuku dan kaki depan mempunyai empat jari berkuku. moncong dari tikus ini pendek dan lebar seakan bentuknya bulat dan ini berbeda dengan tikus-tikus lainnya.

Curut/ Celurut
Curut/ Celurut

Ini adalahs salah satu tikus pemakan serangga, kadang tikus ini juga dinamakan dengan tikus kasturi, kadang juga dinamakann dengan cecurut, cencurut dan juga munggis. Celurut ini tersebar seluruh dunia kecuali papua, Australia,selandia baru dan Antartika. Pemakan serangga ini sebenarnya mereka terdapat dalam ordo yang berbeda, namun di katakan tikus karena mereka sama dengan spesies tikus, bulunya ukuran tubuhnya, dan juga dengan warna bulunya dan lainnya pokoknya sangat mirip dengan tikus. Celurut hewan yang vektor penyakit juga sema dengan tikus lainnya.

Tentang Tikus:
Tikus memiliki gigi yang tumbuh 3.5 sampai 4.5 inc pertahun. karena inilah tikus harus menggerogoti benda-benda di sampingnya agar gigi depannya selalu terkikis bila tidak maka giginya akan melukai mulutnya. 
Tikus betina dapat kawin 500 kali selama 6 jam masa suburnya, dan ini dapat dilakukan dengan jantan yang berbeda-beda.  dalam setiap tahun masa mengalami masa suburnya 15 kali dan  dalam setahun dapat menghasilkan 2000 anak tikus pertahun bila ini tidak di kendalikan. Seekor tikus akan matang secara seksualnya dan siap kawin pada usia 3-4 bulan dengan rata-rata umujr tikus 2-3 tahun.


Bila rumah anda banyak tikus ini ada beberapa cara untuk melakukan pengusiran.
  1. Menggunakan racun tikus 
  2. Menggunakan lem tikus 
  3. Menggunakan perangkap tikus 
  4. Menggunakan pengusir elektronik
Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. bermanfaat banget informasinya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mas terima kasih sudah berkunjung..!!!!!!

      Hapus
  2. Tikus cicurut selagi ga masuk rumah adalah predator terbaik melawan serangga pembawa penyakit seperti kecoa...jd ga semua lantas pukul rata dibasmi...di jakarta kan sarang kecoa..dimana ada got dan ada manusia disitu ada ribuan kecoa...kalo cicurut sampe masuk rumah .itu menandakan pemiliknya jorok..sehingga bnyk kecoa bersarang...tar klo serangga itu dah habis biasanya cicurut kabur juga ko...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tikus cicurut ngak masuk rumah.. cuma kalau pemilik rumah sperti sarang burungh masuk dia.. hehe

      Hapus

Burung Cendrawasih Merah

Burung Cendrawasih Merah merupakan salah satu burung endemik Papua, Burung cantik ini dikenal dalam bahasa latin dengan nama Paradisaea Ru...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *