Manfaat Cumi bagi kesehatan Tubuh

Manfaat Cumi-cumi Bagi Kesehatan Tubuh - Saya yakin banyak orang di dunia ini yang kenal dengan hewan laut yang satu ini yaitu cumi-cumi, ini merupakan salah satu hewan yang masuk dalam keluarga Loliginidae, kelas Cephalopoda. Kalau dalam bahasa latin ini di sebut dengan Loligo spp. Kalau dalam bahasa inggris di kenal dengan nama Squid. Cumi adalah salah satu hewan laut yang banyak di sukai orang contohnya bagi penggemar seafood dan chinese food. Kadang cumi-cumi di konsumsi dengan cara di asin kan, apalagi kalau dalam keadaan segar.
Manfaat Cumi bagi kesehatan Tubuh

Sekarang ini saya mau bagikan tentang manfaat cumi-cumi bagi tubuh.

Nilai Gizi
Cumi-cumi terdapat kandungan gizi yang banyak dan protein yang tinggi yaitu 17,9 g/100 g yang segar. Pada daging cumi-cumi memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan hewan laut lainnya, Yaitu cumi-cumi tidak memiliki tulang belakang, memiliki aroma yang khas, mudah di cerna, dan memiliki kandungan asam amino esensial yang di perlukan untuk tubuh. Asam amino esensial yang dominan yaitu lisin, leusin dan fenilalanin, dan kadar asam nonesensial dominan adalah asam aspartat dan asam glutamat.

Untuk Tulang
Pada cumi-cumi terdapat kandungan mineral mikro dan juga makro dalam jumlah banyak. Dalam cumi-cumi juga mengandung mineral penting diantaranya kalsium, natrium, kalium, fosfor, magnesium, dan selenium. Kalsium dan fosfor ini berguna untuk pertumbuhan tulang, ini bermanfaat untuk anak-anak dan dapat mencegah osteoporosis di saat tua. Cumi-cumi juga banyak mengandung vitamin, seperti B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B12, asam folat, niasin, dan juga vitamin larut lemak (A, D, E, K).

Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah
Kadar lemak pada daging cumi rendah yaitu 7,5 g/100 g, masing-masing 1,9 g asam lemak jenuh dan 2,7 g asam lemak tidak jenuh tunggal, 2,1 asam lemak tidak jenuh ganda. Yang termasuk dalam asam lemak tidak jenuh ganda omega 3 yang bisa menurunkan kandungan kolesterol pada darah.

Walau demikian mengkonsumsi cumi dengan jumlah banyak, karena kandungan kolesterol dalam cumi-cumi lumayan banyak yang mencapai 260 mg/100 g bahan. 

Untuk Pembentukan Sel Darah Merah
Pada daging cumi-cumi mengandung omega 3, Vitamin B, Protein, Iodium dan juga terdapat kandungan beberapa meneral, dan kandungan tembaga pada daging cumi-cumi berguna untuk pembentukan sel darah merah.

Untuk obat Kanker
Baru-baru ini menurut hasil penelitian bahwa tinta cumi-cumi bermanfaat sebagai obat kanker. 

Untuk kesehatan Jantung
Hewan yang banyak di jadikan sebagai seafood ini banyak banyak penggemar bagi pencintanya, namun ternyata hewan ini baik untuk kesehatan jantung. cumi-cumi merupakan salah satu makan yang banyak protein Omega 3, vitamin B, Seng, tembaga dan yodium. kandungan tembaga pada cumi bagus untuk penyerapan tubuh, metabolisme dan pembentukan sel darah merah. Disarankan juga bahwa cumi-cumi tidak bagus kalau di goreng.

Dapat Menghilangkan Bekas Cacar
Ini dapat di lakukan dengan cara membuat bubuk cumi-cumi. Caranya ambil cumi-cumi dan jemur kan sampai kering dan bersihkan, selanjutnya di tumbuk sampai halus sampai bisa di ayak. Bubuk yang di ayak tersebut di pakai untuk obat bekas cacar.

Ini bisa anda lakukan dengan rutin setiap pagi, malam, menjelang tidur dan sehabis mandi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Inilah yang dapat saya bagikan untuk anda sekalian semoga ini bermanfaat untuk anda, dan ini saya ambil dari beberapa sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *