Perubahan Musim Di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang  letak Geografisnya memiliki iklim muson, yang sangat berpengaruh dengan perubahan musim. Seperti yang kita tahu bahwa dalam pembagian tahun terdapat 4 musim yaitu musim panas,  musim dingin,musim gugur dan musim semi, akan tetapi di indonesia terdapat 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Berikut ini adalah penjelasan tentang fenomena alam alam dengan musim hujan dan musim kemarau.

1. Musim Hujan 
Di indonesia musim hujan terjadi antara bulan oktober sampai dengan april, di indonesia musim hujan di sebabkan oleh hembusan angin muson barat dari benua Asia dan bertekanan maksimum ke benua Autralia yang minimu. Angin-angin muson ini banyak membawa uap air. Sehingga sebagian daerah di indonesia mengalami hujan dan bahkan banjir. Kadang banjir di indonesia disebabkan oleh banyak hutan yang gundul, sehingga banyak orang yang terkena banjir bahkan mengakibatkan rumah rusak dan harta benda melayang.
Perubahan Musim Di Indonesia
Perubahan Musim Di Indonesia

Curah hujan bisa di ukur menggunakan alat  fluviometer atau penakar hujan. Hujan terdapat dengan 3 macam dan jenisnya menurut masing-masing. Berikut ini adalah 3 macam hujan dan penjelasannya masing-masing sesuai jenisnya.

1. Hujan Zenithal atau Hujan Konveksi
Ini merupakan hujan yang terjadi akibat udara permukaan naik dengan panas matahari menjadi dingin dan mengembun, kemudian menjadi hujan yang biasanya turun di siang hari.

2. Orografis atau Hujan gunung
Ini merupakan hujan yang turun di lereng pegunungan di gunung.

3. Hujan Frontal
Ini merupakan hujan yang terjadi karena pertemuan masa udara panas dan udara dingin yang udaranya terangkat naik dan di sertai angin berputar (siklon).

1. Musim Kemarau
Kemarau adalah salah satu musim di indonesia yang terjadi antara April sampai dengan oktober. Musim kemarau ini disebabkan oleh hembusan angin muson timur yang bertiup antara Benua Australia yang bertekanan maksimum menuju Benua Asia bertekanan minimum. Ini membawa sedikit uap air sehingga indonesia menjadi musim kemarau.

Musim kemarau ini banyak juga yang merugikan penduduk di indonesia, seperti petani yang ladangnya kekeringan, dan ternak susah mencari rumput agar kekeringan dan banyak kasus kebakaran hutan contohnya di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *