TAWON KEMIT Atau Lebah Tabuhan


Tawon Kemit - Dalam bahasa jawa sebutan Bangkekane Nawon Kemit berarti menunjukkan seorang gadis yang memiliki pinggang ramping seperti biola. Tawon kemit salah satu hewan yang terdapat dalam kata di atas yaitu Bangkekane Nawon Kemit , mereka memiliki badan ramping dengan garis kuning dengan campuran garis hitam kontras indah dan cantik. Mereka mirip dengan semut bersayap, akan tetapi mereka bukanlah semut, Sepintas mereka juga mirip dengan lebah namun mereka bukan juga lebah, mereka galak dan bila menyerang manusia paling akan bengkak muka.. :D

Dalam bahasa inggris tawon kemit di kenal dengan nama Wasp, sedangkan orang-orang sunda menyebutnya dengan papanting untuk yang bentuknya kecil dan langsing, bangbara atau engang. Mereka masuk dalam genus Vespa dan dalam bahasa ilmiah di kenal dengan Ropalidia fasciata. Dalam bahasa daerah terdapat dengan beberapa sebutan contohnya tawon kemit atau papating ini yang bentuknya kecil dan yang ukuran besar di kenal dengan Tawon kumit besar atau Enggang.

TAWON KEMIT Atau Lebah Tabuhan

Tawin kemit merupakan binatang yang merupakan predator bagi ulat-ulat. Hal ini juga membantu manusia karena dalam halnya membasmi ulat-ulat, dan ini beda dengan burung yang memilih ulat yang tidak berbulu saja. Akan tetapi penggunaan pestisida dan ketakutan orang-orang dengan sengatan tawon kemit menjadi populasi berkurang. Mereka membuat sarang seperti halnya lebah madu yaitu pada dahan atau lubang-lubang pohon, dan juga tawon kemit membuat sarang pada rumah-rumah. 

Mereka biasanya beraktifitas dalam semak-semak untuk mencari madu dan juga menghisap cairan tumbuhan lainnya. Binatang ini sangat agresif  dan galak, bila mereka menyerang manusia makan akan sangat menyakitkan dan akan bengkak dengan sengatan nya, mereka biasanya sendiri tidak bekeloni.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *