Tumbuhan Jewawut atau Sekoi

Tumbuha Jewawut, Juwawut atau Sekoi - Ini merupakan tumbuhan sejenis Serealia yang berbiji kecil (milet). Tumbuhan ini banyak di budidayakan di beberapa negara, kalau di Indonesia masih terbatas. Tumbuhan ini pernah menjadi makanan pokok masyarakat di Asia Timur dan Asia Tenggara, ini sebelum tumbuhan padi terkenal. Menurut informasi dari beberapa sumber tumbuhan ini merupakan yang pertama kali dibudidayakan di antara jenis milet. Tumbuhan ini banyak di budidayakan sekarang ini di dunia di antara jenis milet, salah satunya Asia Timur.

Kalau di Indonesia Tumbuhan Jewawut belum banyak di lakukan penanaman, kalau di negara-negara maju tumbuhan ini telah banyak di manfaat kan salah satunya sebagai sumber bahan makanan dan juga lainya, contohnya tumbuhan jewawut digunakan sebagai bahan pembuatan minuman energi dan kesehatan karena pada tumbuhan ini mengandung vitamin B dan juga beta Karoten.

Tumbuhan Jewawut atau Sekoi
Sumber Pic: Wikipedia.org
Kalau dalam penanamannya tumbuhan jewawut menyukai tempat yang ber-curah hujan rendah dan juga tumbuhan ini juga dapat hidup di daerah kering. Tumbuhan ini dapat berguna bagi kesehatan tubuh, dan terdapat beberapa kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan di antaranya dalam jewawut mengandung senyawa antioksidan, serat dan bioaktif.

Kalau di indonesia pengolahan Jewawut masih sangat terbatas, dan di beberpa daerah tumbuhan ini telah di jadikan sebagai nasi dan bubur yang dilakukan dengan cara sederhana yaitu jewawut di jemur, di sosoh, hingga terdapat bagian daging (endospermanya) dan kemudian jewawut di campur dengan gula kelapa dan gula merah, kemudian di masak sama dengan beras ketan. Dalam pengolahan tradisional selain di gunakan sebagai nasi juga digunakan sebagi pembuatan bubur, dodol dan bajet.

Terdapat manfaat positif dari tumbuhan jewawut yaitu sebagai bahan pangan subtitusi beras yang bisa memenuhi kebutuhan kalori harian, Karena dalam jewawut mengandung kandungan karbohidrat pada berasa yaitu 79% dan kandungan lainnya dalam jewawut yaitu mengandung protein sebbanyak 11% yang lebih tinggi dari pada beras yang hanya 7%.

Tepunya digunakan sebagai bahan pembuatan mie, ini di karenakan dalam tepung jewawut mengandung protein yang hampir sama dengan tepung terigu dan juga mengandung protein gluten, yaitu bermanfaat untuk protein lengket yang elastis yang bisa membuat adonan menjadi kenyal dan mengembang karena bersifat kedap udara. Kandungan gluten dalam Jewawut dapat membuatb adonanmie menjadi tidak mudah putus dalam proses pencetakan dan pemasakan mie.

Namun sayangnya sekarang ini di indonesia tumbuhan ini mulai di lupakan padahal dalam tumbuhan ini terdapat kandungan nutrisi, protein dan kalsium yang lebih dari pada beras biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *