Anggrek Kalajengking

Anggrek kalajengking atau di kenal juga dengan Arachnis flos-aeris, ini merupakan salah satu jenis anggrek yang unik karena anggrek ini bunganya mirip dengan kalajengking. Anggrek ini di kenal juga dengan Anggrek ketonggeng. Anggrek ini menurut mitos dapat membawa siyal bagi orang-orang yang melihatnya di antaranya orang itu akan mengalami kesusahan dan lainnya. Benarkah demikian saya pun tidak tau pasti tentang demikian. 

Di Indonesia Anggrek ini di kenal dengan nama anggrek kalajengking atau anggrek Anggrek ketonggeng dalam bahasa inggris di kenal dengan nama Arachnis flos-aeris (L.) Rchb.f. Anggrek Kalajengking berkerabat dekat dengan anggrek kalajengking putih  (Arachnis hookeriana), anggrek kalajengking merah (Arachnis maingayi) dan anggrek berbulu leopard (Arachnis celebica) anggrek ini memiliki karakter dan ciri-cirinya yang berbeda.
Anggrek Kalajengking

Anggrek jenis ini memiliki batang yang kuat dengan tinggi ruasnya sepanjang 4-10 cm. dan ciri daunnya berdaging dan tebal dan pipihnya memanjang dan panjang daunnya mencapai 35 cm dengan lebar 5 cm. disebutkan dengan kalajengking karena bunganya bagaikan binatang kalajengking yang lengkap dengan kaki-kakinya sampai dengan sengatannya. Dengan inilah maka anggrek ini disebut dengan anggrek kalajengking, bunganya tumbuh tidak terlalu lebat yang berukuran tinggi 10 sampai 11 cm dan lebarnya sekitar 7-8,5 cm. Bunga-bunga anggrek ini berbunga dengan warna kuning semu kehijauan dengan corak berwarna coklat gelap dan bunganya beraroma harum.

Sebagai tumbuhan epifit, tumbuhan ini tumbuh dan menempel pada batang pohon lain sampai dengan ketinggian 12 m di atas permukaan tanah. Pada saat masih muda memiliki akar gantung dan selanjutnya mencapai dewasa akar gantung itu akan menyentuh tanah dan akan berubah sebagai akar tunjang, sebagai penunjang dari batangnya. Dengan ini maka anggrek kalajengking dapat dijadikan juga sebagai anggrek tanah.

Anggrek kalajengking ini merupakan salah satu jenis anggrek yang belum dinyatakan sebagai terancam punah dan dilindungi. Anggrek kalajengking adalah anggrek yang asli indonesia. anggrek ini tersebar dari mulai pulau Sumatera, Bali, Jawa, Hingga kalimantan, sampai dengan Malaysia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *