Beberapa Jenis Burung Nuri Yang Terancam Punah

Burung Nuri merupakan salah satu burung yang di lindungi oleh pemerintah di antara burung-burung lainnya yang terancam punah. Burung ini banyak di buru dan dalam pasar perdagangan burung, burung ini banyak penggemar-nya di kalangan pehobi burung. Harga burung ini sangat mahal di pasaran dari mulai jutaan sampai dengan puluhan juta.

Alasan mengapa burung nuri ini banyak cari dan di buru sehingga burung ini berkurang populasi-nya di alam liar.
  • Burung Nuri memiliki kicauan yang merdu
Burung ini memiliki kicauan yang indah dan pandai meniru suara yang di dengarnya, maka dengan ini banyak orang yang menyukai nya suka dengan suaranya di saat dirumah.
  • Postur Badanya
Burung ini posturnya badan memiliki ukuran sedang, yaitu tidak kecil dan juga tidak terlalu besar, ukuran tubuhnya sekitar 30 cm dengan paruh besar dan bengkok ke bawah, kepala besar, kaki kuat dengan jari-jari yang menghadap ke belakang dan tubuhnya lincah.
  • Kecantikan bulunya
Burung ini memiliki bulu yang indah dan warna warni, dan juga terdapat dengan banyak warna pada bulunya, burung ini sering juga disebut juga dengan burung pelangi karena bulu burung ini bagaikan pelangi dan sangat indah di saat burung ini terbang. Warna dasar burung ini memiliki warna merah dan terdapat tambahan warna di antaranya warna kuning, hijau dan biru.

Siapa yang tak suka dengan burung ini, dan ditambah lagi dengan kemampuan kicaunya yang bisa meniru suara manusia, apalagi warna bulunya yang enak di pandang dan memiliki kecerdasan, dan tak heran kalau burung ini banyak cari dan banyak penggemarnya di kalangan pehobi burung.

Burung ini merupakan salah satu burung ocehan yang memiliki banyak jenis di seluruh dunia. Terdapat 372 spesies di seluruh dunia dan di indonesia hampir 40%. Tapi sekarang ini di indonesia banyak perburuan, pengrusakan hutan, dan juga beberapa spesies telah dinyatakan terancam punah pada habitat aslinya.
Beberapa Jenis Burung Nuri Yang Terancam Punah

Berikut ini beberapa jenis burung nuri yang terancam punah di Indoensia.

Nuri Sayap Hitam (Black Winger Lory)
Ini sesuai dengan namanya, burung nuri ini memiliki warna sayap yang hitam, dan dengan ukuran tubuhnya yang sedang, yaitu sekitar 30 cm, pada bagian mata terdapat bulunya dengan warna biru. Dalam data IUCN burung nuri ini dimasukkan dalam spesies yang terancam punah akibat perburuan dan kerusakan hutan

Nuri Talaud (Red and Blue Lory)
Kalau di sulawesi Burung ini dikenal dengan Sampiri,  bahasa latinnya dinamakan dengan Eos Histrio. Ini merupakan salah satu burung endemik Sulawesi Bagian Utara dan burung ini memiliki 3 Sub spesies di antaranya Talautensis, Challengeri Salvadori, dan Histrio. Warna bulunya Merah dengan corak biru pada tubuhnya. Mereka hidup berkelompok dan berpindah-pindah dari wilayah ke wilayah lainya. Menurut IUCN burung ini merupakan salah satu burung yang terancam. Burung ini dilarang dalam perdagangan dan melanggar hukum.

Nuri Tanimbar (Blue-streaked Lory)
Ini merupakan salah satu burung nuri yang terdapat di pulau Tanimbar dan Nusa Tenggara Timur, Ciri  burung ini memiliki warna bulu yang merah dengan corak hitam dan biru pada tubuhnya, pada habitat aslinya burung ini banyak terdapat di perkebunan kelapa dan sagu. Dalam data IUCN burung hampir terancam pupulasinya karena perdangagan dengan perburuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *