Beberapa Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah Naga merupakan salah satu yang masuk dalam kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini menurut beberapa sumber berasal dari Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Sekarang ini tumbuhan naga banyak di budidayakan di beberapa negara. Orang Cina dan Vietnam buah ini di anggap sebagai buah yang membawa berkah. Dulunya tumbuhan ini banyak di jadikan sebagai tanaman hias. 

Buah Naga kalau dalam bahasa latin di sebut dengan pitaya, buah ini enak dimakan selain itu buah ini banyak khasiatnya bagi tubuh dan juga untuk kecantikan. Pada dasarnya buah naga berasal dari sebutan Thang Loy (Bahasa Vietnam). Ini karena di vietnam lekat dengan budaya cina yang diyakini buah naga sebagai buah yang membawa berkah, buah naga banyak diletakkan pada ekor patung naga, dan selanjutnya di terjemahkan oleh orang-orang dengan buah naga atau dalam bahasa inggris di sebut dengan Dragon Fruit.
Beberapa Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Naga Bagi Tubuh
Tak hanya enak dimakan dan di percaya dapat membawa berkah, buah ini juga banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, bagi siapa saja yang mengkonsumsinya, seperti ibu hamil. Kalau menurut jenisnya buah naga dibagi menjadi 4 jenis. Pada umumnya orang mengenal buah naga dengan 2 jenis yaitu buah naga merah dan buah naga putih, yang dibedakan menurut jenis daging buahnya.

Berikut ini adalah jenis-jenis buah naga yang mungkin belum anda ketahui
  • Hylocereus undatus, kulitnya warna merah dan daging buahnya dengan warna putih
  • Hylocereus polyrhizus, kulit buahnya bewarna merah atau pink dengan daging buahnya berwarna putih
  • Selenicereus megalanthus, kulit buah warna kuning dan daging buahnya putih
  • Hylocereus costaricensis, daging buah dan kulit buah dengan warna merah

Semua jenis buah naga tersebut dapat memberikan khasiat bagi tubuh dan manfaatnya di antarany untuk mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes dan lainnya. Ini disebabkan pada buah naga terdapat kandungan vitamin C, B1, Asam Folat, serat dan karoten. Berikut ini adalah beberapa khasiat buah naga untuk kesehatan yang mengkonsumsinya.

Untuk mencegah kanker
Penyakit kanker susah di obati bagi penderitanya, kalaupun dapat di obati membutuhkan biaya yang sangat mahal. Maka dengan ini siapa saja yang menkonsumsi buah naga dapat mencegah penyakit kanker. Karena pada buah naga terdapat kandungan Antioksidan yang ampuh mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

Dapat Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Diabetes
Pada buah naga terdapat kandungan Vitamin B3 yang di percaya dapat mengurangi kadar gula darah. Maka kalau gula darah dapat di kotrol dengan baik  maka resiko terkena penyakit diabetes diminimalisir. Bagi yang keturunan terkena penyakit diabetes maka sering-sering mengkonsumsi buah ini agar resiko terkena diabetes pada anda kecil.

Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jangung
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Maka dengan mengkonsumsi buah naga terkenal resiko terkena penyakit jantung kecil. Karena dalam buah naga terdapat kandungan yang berkhasiat mengurangi penyakit jantungh.

Dapat Menjaga Kesehatan Tulang
Menurut penelitian FAO (Badan PBB tentang Pangan), kandungan kalsium dan Fosfor pada buah naga tinggi dan dapat menjaga kekuatan tulang, ini merupakan salah satu yang dapat mencegah terjadinya penyakit osteoporosis dan juga masalah tulang lainnya.

Menajaga Kesehatan Mata
Bila anda sering mengkonsumsi buah naga maka mata anda lebih sehat dan jernih, ini disebabkan oleh kandungan betakaroten dalam buah naga.

Menu Diet 
Bagi orang yang sedang menjalani program diet salah satu menu yang baik adalah buah naga untuk asupan gizi hari-hari. Pada buah naga terdapat kandungan serat dan rendah kalori. Anda dapat mengontrol jumlah kalori dengan mudah ini karena kandungan kalori cukup rendah. Anda juga tidak khawatir cepat lapar karena serat dalam buah ini cekup membuat anda kenyang.

Anti Aging
Buah ini tidak hanya untuk manfaat kesehatan saja namun juga baik untuk kecantikan, dengan mengkonsumsi buah naga maka di percaya dapat membersihkan kulit anda dan mencegah jerawat. Karena dalam buah naga terdapat kandungan nutrisi untuk hal yang demikian.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C, protein dan potassium dalam buah naga dapat menangkal penyakit pada tubuh kita yang datang. Bila anda sering sakit di saat pergantian musim maka coba mengkonsumsi buah naga secara rutin.

Melancarkan Pencernaan
Melancarkan pencernaan salah satunya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah naga, vitamin B1 dan serat larut dalam buah naga sangat efektif melancarkan pencernaan. baiknya anda membuat jus agar melarutkan penyumbatan pada usus.

Menjaga Kesehatan Gigi
Bila anda mengalami masalah gigi baiknya anda mengkonsumsi buah naga, cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mengkonsumsi buah naga adalah dengan menjadikan jus buah naga. ini sangat bermanfaat karena terdapat kandungan kalsium dan fosfor nya sangat tinggi.

Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil
Buah naga sangat besar manfaatnya bagi ibu hamil. karena dalam buah naga terdapat kandungan asam folat, karoten dan juga beberapa vitamin, serat dan juga lainnya. Ini sangat dibutuhkan oleh tubuh yang berguna untuk kesehatan janin, mengkonsumsi buah naga secara rutin setiap hari maka sangat baik untuk pertumbuhan janin.

Inilah yang saya dapat bagikan beberapa manfaat buah naga yang dapat saya bagikan, sebenarnya masih banyak manfaat lainnya. Di lain kali mungkin bisa dapat bagikan yang lainnya. Terima kasih.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *