Belalang Sembah dan Karakteristinya

Belalang Sembah Atau di kenal juga dengan Belalang Sentadu ini merupakan serangga yang masuk dalam ordo Mantodea. Kalau dalam bahasa inggris belalang ini disebut dengan praying mantis karena belalang ini terlihat bagaikan berdoa. Kata mantis merupakan kata yang berasal dari bahas yunani yang merupakan "Mantes" yang artinya "nabi" atau di istilahkan juga dengan "peramal nasib". Kalau di Indonesia belang ini banyak sebutan di antaranya  walang kadung/kèkèk (Bahasa Jawa), congcorang (Bahasa Sunda atau bahasa Betawi), mentadak (Bahasa Melayu), dan kalau dalam bahasa Aceh di kenal dengan darut Aceh.


Belalang sembah terdapat sikitar 2.000 spesies yang dimasukkan dalam  9 famili yang tersebar di seluruh dunia, kalau di indonesia terdapat 200 spesies, yang paling terkenal di indonesia spesies Hierodula vitrea. 

Ciri-ciri belalang sembah memiliki 3 pasang kaki. Kalau yang dua pasang kaki di belakang digunakan untuk berjalan dan kaki yang di depan digunakan untuk menangkap mangsanya. Kalau kaki yang di depan memiliki ukuran yang besar dan pada sisi dalamnya memiliki duru yang tajam digunakan untuk menangkap mangsanya. Belalang sembah salah satu serangga yang bisa memutar kepalanya hingga 180 derajat.
Belalang Sembah dan Karakteristinya
Belalang Sembah  Sumber pic: wikipedia.org

Uniknya belalang ini dalam hal percintaan/kawin, dan belalang sembah merupakan salah satu binatang yang menyeramkan di dalam percintaan, belalang betina akan segera memakan kepala belalang jantan di saat mereka selesai kawin, belalang jantan rela mati demi cinta. 

Serangga ini merupakan salah satu pemangsa tingkat tinggi dan merupakan hewan karnivora yang memakan semua jenis serangga yang lebih kecil dari padanya, dan juga mereka kenibal. Mereka memiliki sifat diam dan menunggu korbannya, serangga ini juga memiliki penyamaran yang baik mereka mirip dengan daun, ranting pohon dan lainnya sehingga sulit dikenali oleh mangsanya dan pemangsa.

Belalang sembah juga dapat digunakan sebagai pengontrol biologik, dan sering digunakan untuk predator yang akan membasmi serangga yang bersifat hama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *