Buah Kedongdong dan Khasiatnya

Buah Kedongdong merupakan salah satu buah yang tergolong dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae), kedongdong banyak sebutan sesuai dengan daerah tumbuhnya di antaranya adalah ambarella, hog plum, hevi (Filipina),  gway (Myanmar), mokah (Kamboja) dan makak farang (Thailand). 

Buah kedongdong biasanya di makan langsung dalam kondisi segar, dan buah ini dapat dijadikan pula sebagai rujak, selai, asinan, dan acar. Yang unik pada buah ini adalah bijinya atau biji tunggal yang berserabut bagaikan duri. Buahnya pada saat masih muda rasanya asam dan berwarna hijau, kalau sudah masak maka warna hijau-nya akan hilang dan akan berubah dengan warna hijau kekuningan dan bila sudah masak rasa asamnya hilang dan akan sangat lezat bila dimakan, penasaran silahkan di coba.

Berikut ini saya akan bagikan beberapa manfaat buah kedongdong bagi kesehatan. ok silahkan simak berikut ini adalah manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan.

Anemia
Dalam buah kedongdong terdapat zat besi dalam 100 gram buah kedongdong mencapai 30 mg, ini bermanfaat untuk pertumbuhan sel darah merah.

Kecantikan
Dalam buah kedongdong kaya akan vitamin C sampai dengan 30-50 mg dalam 100 gram buahnya, maka bila anda sering mengkonsumsi-nya setiap hari akan bermanfaat untuk proses generasi kulit yaitu dengan cara meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting pada elastisiti kulit, dan juga vitamin C bersifat antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas.

Kudis dan Luka Terbakar
Pada daun tumbuhan kedongdong bermanfaat untuk obat tradisional mengobati kudis, luka terbakar dan luka perih.

Menjaga Saluran Pencernaan dan Diet
Kandungan serat pada buah kedongdong dalam 100 gram mencapai 0.83-3.60 mg, ini sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi pencernaan.

Dapat Menurunkan Badan
Dalam buah kedongdong terdapat kandungan lemak, karbohidrat, dan protein dalam jumlah rendah, buah kedongdong dapat membantu orang yang lagi melakukan program diet untuk menurunkan berat bada. Ini sebaiknya digunakan buah keodongdong yang belum masak karena banyak mengandung air dan serat yang tinggi. Kalau buah yang sudah masak maka akan mengandung sukrosanya yang tinggi dan ini akan menambah kalori di dalam buahnya.

Obat Batuk Alami
Kalau digunakan sebagai obat batuk maka gunakan 3 biji buah kedongdong yang sebelumnya di cuci bersih, di parut dan perah airnya tambah di tambah airnya. Selanjutnya tambahkan sedikit garam dan ramuannnya pun siap dan ini dapat di minum sehari 2 kali.

Penambah Tenaga dan Vitalitas Tubuh
Dalam buah kedongdong terdapat kandungan sukrosa ini bermanfaat untuk menambah tenaga dan vitalitas tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *