Jamur Tiram Dan Manfaatnya

Jamur Tiram merupakan salah satu jamur yang dalam bahasa ilmiahnya Pleurotus ostreatus. Ini merupakan salah satu jamur pangan dari kelompok Basidiomycota yang termasuk dalam kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-cirinya berwarna putih hingga dengan warna krem tubuhnya. dengan payungnya mirip dengan cangkang tiram pada bagian tegah agak cengkung, jamur ini masih berkerabat dengan  Pleurotus eryngii atau yang dikenal dengan nama King Oyster Mushroom.

Ciri tubuh buah jamur tiram tumbuh dengan menyamping, bagian tudung dari jamur tiram ini berubah warna dari putih, hitam, abu-abu, sampai dengan coklat, dengan permukaannya licin, ukurannya berdiameter 5-20 cm. Selain itu jamur tiram memiliki spora yang berbentuk batang, yang ukurannya hingga 8-11 x 3-4 μm dan miselia dengan warna putih yang dapat tumbuh dengan cepat.

Di alam liar jamur tiram dapat tumbuh sepanjang tahun, di daerah hutan atau pegunungan yang sejuk, jamur ini merupakan salah satu jenis jamur kayu, maka dengan ini jamur tiram tumbuh di batang pohon yang sudah lapuk dan batang-batang kayu yang sudah di tebang. Kalau di budidayakan biasanya menggunakan limbah serbuk kayu yang di gergaji.


Klasifikasi Jamur Tiram

Kingdom: Fungi
Filum: Basidiomycota
Kelas: Homobasidiomycetes
Ordo: Agaricales
Family: Tricholomatacea
Spesies: P. ostreatus
Genus : Pleurotus

Pada umumnya jamur tiram mengalami dua tipe perkembangbiakan dalam hidupnya, yaitu dengan aseksual dan seksual, yaitu seperti halnya aseksual jamur, reproduksi jamur dengan aseksual basidiomycota ini terjadi dengan jalur spora yang terjadi dengan endogen pada kantung spora atau dengan sporangiumnya, spora aseksual yang di namakan dengan konidiospora terbentuk dalam konidium. Sedangkan yang terjadi dengan seksual terjadi dengan penyatuan dua jenis hifa yang bertindak sebagai gamet jantan dan betina zigot yang tumbuh dan menjadi primodia dewasa, spora seksual pada jamur putih di sebut dengan basidiospora yang terdapat pada kantung basidium.

Menurut penelitian pada jemur tiram mengandung air, protein, karbohidrat, kalori, zat besi, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Pada jamur ini terdapat 9 macam asam amino yaitu  lisin, metionin, triptofan,  valin, threonin, leusin, histidin, isoleusin, dan fenilalanin, mineral yang tinggi diantaranya adalah Kalsium. fosfor,  kalium, natrium, dan magnesium ini merupakan zat yang berguna bagi tubuh.

Berikut ini adalah Manfaat Jamur Tiram Bagi Tubuh

Sebagai antibakterial dan antitumor
Membantu menurunkan kolesterol 
Dapat membunuh nematoda
Penghasil enzim hidrolisis dan enzim oksidasi
Mengatasi Penyakit lever
Mengurangi Resiko jantung lemah
Menghilangkan anemia.
Membantu menyembuhkan diabetes
Mencegah timbulnya tumor
Membantu Sistem pencernaan.

Selain enak di makan ternyata jamur tiram banyak juga manfaat bagi kesehatan ya,,? inilah yang dapat saya bagikan sekilas tentang jamur tiram yang mungkin bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *