Kijing atau Pilsbryoconcha exilis

Kijing merupakan salah satu jenis kerang yang hidup di air tawar, kijing merupakan sebutan dalam bahasa jawa, bahasa melayu disebut dengan remis, bahasa sunda di sebut dengan haremis dan dalam bahasa Aceh sering disebut dengan pempeng
Kijing banyak terdapat dalam air tawar sungai yang berpasir dan ber-suhu dingin, kulitnya dengan warna kuning kehitaman dan ada juga yang biru kehitaman, kulit kijing atau cangkangnya keras bagaikan keramik dan licin, dagingnya di dalam cangkangnya bagaikan kepah atau kupang, dan juga mirip dengan kerang.

Kijing air tawar atau Pilsbryoconcha exilis, merupakan salah satu jenis kijing yang banyak dijadikan sebagai bahan pangan, kalau di jadikan makanan rasanya lezat dan murah di pasaran, selain itu kijing dijadikan juga sebagai minuman kijing dari hasil rebusannya.

kijing mendapatkan makanan dari hasil penyaringan air yang terdapat makanan di dalammya. mereka menyaring fitoplankton dan juga meterial tersuspensi lainya. Kalau dalam masalah reproduksi mereka sangat tinggi di daerah tropis, seperti halnya dari anggota dari kelas Bivalvia lainnya.

Cangkang kijing terdapat dengan dua bagian yaitu atas dan bawah, mereka memiliki alat pencernaannya dengan mulut tidak berahang dan tanpa gigi.
Kijing atau Pilsbryoconcha exilis

Manfaat Kijing Bagi Kesehatan

Ada yang beranggapan bahwa mengkonsumsi kijing akan mengganggu kesehatan, dan  ini tidak sepenuhnya benar.

Jika tidak mengkonsumsi secara berlebihan, ini juga bisa bermanfaat bagi kesehatan seperti halnya hewan laut lainnya, contohnya ikan, cumi, kepiting, kerang. Ini banyak terdapat zat penting bagi tubuh. Zat-zat yang terdapat di dalamnya antara lain B6, vitamin D, niacin dan omega 3. 

Manfaat mengkonsumsi hewan-hewan demikian dapat bermanfaat bagi kesehatan antara lain menurunkan kolesterol darah, kadar trigliserida dan juga mencegah risiko terkena penyakit jantung.
Dan hewan air seperti kijing baik untuk mengurangi gejala rematik, dan juga untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Bagi anak-anak yang sedang tumbuh ini juga bermanfaat untuk kecerdsan dan kedewasaan.

Ini sekilas tentang kijing yang dapat saya bagikan, seperti kita tahu bahwa kijing banyak terdapat di indonesia terutama di perairan-perairan air tawar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *