Sekilas Tentang Pohon Akasia

Pohon Akasia merupakan tumbuhan dari keluarga Fabaceae yang merupakan genus Acacia. Akasia merupakan kata yang berasal dari bahasa yunani "Akis" yang artinya duri, ini merupakan salah satu pohon yang memiliki bantalan duri. 

Asal dan Klasifikasi
Tumbuhan Akasia berasal dari daerah Amerika Utara,  tumbuhan ini di perkenalkan di Eropa sebagai pohon ramuan oleh Hendri IV yang merupakan seorang herbalis pada tahun 1601. Tumbuhan Akasiayaitu bukan monofiletik dengan genus terbagi menjadi 5 subgenus diantaranya Vachellia, Acacia, Acaciella,  Senegalia, dan Mariosousa.

Tumbuhan Akasia terdapat bunga putih yang merupakan simbol untuk masyarakat pribumi di Amerika Utara, tumbuhan ini juga di anggap sebagai marga tumbuhan semak dengan lebih dari 800 spesies yang tersebar di seluruh dunia.

Beberapa tumbuhan jenis Akasia di antaranya adalah Acacia dealbata, Acacia melanoxylon, dan Acacia longifolia.
Sekilas Tentang Pohon Akasia

Ciri-ciri tumbuhan Akasia
Tumbuhan Akasia memiliki daun yang menyirip dengan struktur daun yang bervariasi sesuai dengan jenis spesiesnya, Tumbuhan ini biasanya tumbuh dan hidup berkelompok, dengan warna bunga yang bervariasi sesuai dengan jenisnya, diantaranya adalah warna merah, putih, ungu dan kuning pucat.

Kelopaknya biasanya berukuran kecil dan sulit untuk di indentifikasi karena tersembunyi di antara benang sari yang panjang, tumbuhan ini memiliki duru yang terdapat pada seluruh cabang, ini di karena-kan cara mereka beradaptasi dengan mereka tumbuh di iklim panas dan kering.

Tumbuhan ini tumbuh baik pada iklim tropis, dengan perkecambahan benih tumbuhan ini sangat sulit. Tumbuhan ini 

Pohon ini tumbuh baik di daerah ber-iklim tropis. Perkecambahan benih akasia sangat sulit. menurut informasi tumbuhan ini sangat simbiosis dengan semut, simbiosis ini sebagian besar pada spesies yang tumbuh di Amerika Tengah contohnya Acacia sphaerocephala dan Afrika. Struktur duri pada tumbuhan Akasia memberikan perlindungan pada semut, dan mereka juga mendapat makanan dari getah tangkai daun tumbuhan ini, dan semut-semut tersebut juga memberikan perlindungan terhadap serangan Herbivora bagi tumbuhan ini.


Kegunaan dan Manfaat Tumbuhan Akasia
Tumbuhan ini juga terdapat manfaat dan kegunaannya bagi manusia, di antaranya tumbuhan Akasia diguanak sebagai pohon ornamen dalam industri parfum. Tumbuhan ini juga banyak dijadikan sebagai tanaman hias di antaranya adalah jenis Acacia retinodes, Acacia dealbata,  Acacia xanthophloea dan Acacia baileyana.
 
Selain itu tumbuhan ini juga banyak di gunakan dalam kedokteran, ini digunakan untuk mengatasi masalah ejakulasi dini, dalam metode pengobatan kuno akar dari tumbuhan ini di rebus dan digunakan untuk mengobati rabies. Tanin yang di diekstraksi pada tumbuhan ini dengan menguap-kan kayu Akasia dapat digunakan untuk astringent.

Demikianlah tentang tumbuhan astringent yang saya ambil dari beberapa sumber dan ini semoga bermanfaat untuk anda sekalain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *