Tumbuhan Paku dan Jenis-jenisnya

Jenis-jenis Tumbuhan Paku - Tumbuhan paku merupakan salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai sayuran dalam hal masakan, namun sekarang ane mau bagikan tentang beberapa jenis tumbuhan paku beserta penjelasannya untuk anda sekalian. Tumbuhan paku bila berdasarkan sifat sporanya di bedakan dengan yang bersifat homospor, heterospor, dan peralihan. Paku diklasifikasikan dengan empat kelompok yaitu Lycopodinae (paku rambut), Psilophytinae(paku purba), Equisetinae (paku ekor kuda), dan Filicinae (paku sejati).
Tumbuhan Paku dan Jenis-jenisnya

Maka berikut ini adalah jenis-jenis paku yang dapat saya bagikan.
 
1. Psilophytinae (paku purba)
Paku purba banyak di antaranya telah punah, dan terdapat sebagian kecil yang masih ada sampai sekarang ini, anggota paku purba di kenal juga dengan paku telanjang, karena tidak memiliki banyak daun dan kalau ada pun kecil-kecil (mikrofil) yang belum terdeferensiasi, dan juga ada sebagian yang masih belum punya akar, punya cabang menggarpu dengan sporangium  pada ujung batangnya dan juga bersifat Homospor.

Dari Semua paku purba sebagian sudah punah dan hanya beberpa yang masih tinggal. Berikut ini adalah paku purba yaitu Rhynia major,Zosterophyllum australianum, Taeniocrada deeheniana, Psilotum nudum, Asteroxylon mackei, Asteroxylon elberfeldense, Psilotum triquetrum, dan Tmesipteris tannensis. Dari beberapa jenis paku purba yang di atas hanya Psilotum yang masih dapat di jumpai sekarang ini, contohnya Psilotum nudum yang dapat di jumpai di pulau jawa sekarang ini, Psilotum triquetrum dapat di jumpai di daerah tropika dan Tmesipteris tannensis yang masih dapat di jumpai di Australia.

2. Lycopodinae (Paku Rambut)
Tumbuhan paku ini bentuk daunya kecil-kecil dan tidak bertangkai dengan bertulang satu, dan bentuk daunnya kecil-kecil bentuk jarum dengan tersusun rapat dengan garis spiral dan tidak mengandung klorofil sehingga tidak dapat berfotosintesis, makanan diperoleh dari jamur yang bersimbiosis dengannya. Biasanya tumbuhan ini hidup dengan menempel pada batang pohon lain. Sporofil adalah daun penghasil Sporangium, contohnya adalah Lycopodium cernuum (buket bunga),  Lycopodium clavatum (bahan obat-obatan), Selaginella selaginoides, Selaganella caudata dan Isoetes lacustris. Lycopodiinae yang sekarang telah jadi fosil, Drepanophycus spinaeformis merupakan paku tertua dan  Protolepidodendron scharynum.

3. Paku ekor Luda, Equisetinae
Ini merupakan paku yang masih dapat di temukan sampai sekarang di tempat-tempat lembab. Bentuk batangnya bercabang, beruas-ruas, berkarang dan juga pada paku ini mengandung zat kersik yang bisa dijadikan bahan penggosok contonya Equisetum. 

4. Paku Sejati, Filicinae
Paku ini disebut juga dengan paku benar dan tumbuhan ini merupakan kelompok paku yang sering kita jumpai, dan paku ini juga sering dijadikan sebagai tanaman hias, seperti suplir (Adiantum cuneatum), paku sarang burung (Asplenium nidus), dan simbar menjangan (Platycerium coronatium). Ini merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah yang lembab dengan sedikit air, dengan daun-nya yang lebar dan tulang daunnya terlihat jelas.

5. Hydropteridales (Paku Air)
Ini merupakan paku yang banyak hidup di air, contohnya adalah Marsilea crenata (semanggi), dan Salvinia natans.

Comments
2 Comments

2 komentar:

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *