Buah Sukun dan Manfaatnya

Buah Sukun merupakan salah satu buah yang memiliki nama sama dengan buahnya, buah ini memiliki daging buah yang empuk bagaikan roti dan tidak memiliki biji. Maka dengan ini buah ini di eropa di sebut dengan buah roti atau dalam bahasa inggris-nya breadfruit. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan pekarangan yang banyak di tanam untuk di jadikan  makanan buah nya, di antaranya buah sukun di olah menjadi keripik dan makanan lainnya, dan juga buah ini dijadikan sebagai makanan pokok sebagai sumber karbohidrat dan dijdaikan sebagai salah salah satu produk makanan.

Ciri-ciri Tumbuhan Sukun
Tumbuhan ini terkenal di seluruh dunia, dan tumbuhan ini tumbuh sampai dengan 30 m, dan biasanya tumbuhan ini ditemukan hanya tinggi belasan meter di kampung-kampung. 

Tumbuhan sukun bagus digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi, karena suku selain terdapat karbohidrat juga buah sukun rendah kalori.
buah sukun

Kandungan Dalam Buah Sukun
Buah suku sangat bagus di jadikan sebagai makanan diet, karena pada buah nya mengandung banyak karbohidrat dan rendah akan kalori, ini dibandingkan dengan ubi kayu, ubi jalar dan kentang. Dalam buah sukun kaya akan protein, dan juga ini kalau di bandingkan dengan beras, kalau kandungan karbohidrat dalam buah sukun setara dengan beras namun kalori lebih rendah.
Kandungan vitamin dalam buah sukun juga tinggi, Selain mineral dan vitamin dalam buah suku juga kaya akan kandungan zat fitokimia yang penting bagi tubuh, dalam buah sukun juga banyak terkandung zat-zat asam amino esensial contohnya lysine, methionin, valin dan juga tryptophan.


Manfaat Buah Sukun
Dalam buah sukun juga banyak terdapat manfaat-manfaat di antaranya buah suku banyak dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Buah sukun dapat digunakan sebagai obat untuk melancarkan pencernaan dan juga memperkuat tulang dan gigi. Buah sukun juga sangat bagus untuk orang yang menderita penyakit jantung, diabetes, ginjal, dan juga penyakit liver.

Pada daunnya juga ternyata banyak manfaat untuk kesehatan, dalam penelitian juga menyimpulkan kalau ekstrak daun sukun dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit liver, ginjal, penyakit jantung dan juga sebagai penyakit kulit. Dalam penelitian juga menyimpulkan kalau ekstrak daun sukun banyak terdapat kandungan betasitosero dan flavanoid yang dapat mengatasi pengumpulan rombosit yang dapat menghambat peredaran darah dalam jantung.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *