Bunglon Bisa Berubah Warna ini Alasannya

Bunglon merupakan salah satu hewan reptil yang bisa berubah warna kulitnya, inilah keunikan dari bunglon, lalu bagaimanakah bunglon bisa berubah warna kulitnya.? 

Bunglon merupakan salah satu Chameleon yang terdapat lebih dari 100 jenis Chameleon, hewan ini ada yang bisa berubah warna dari hijau ke coklat dan juga coklat ke hijau, dan juga beberapa di antaranya terdapat warna yang sangat menakjubkan pada tubuhnya.
Bunglon Bisa Berubah Warna ini Alasannya

Bunglon berubah warna karena memiliki pigment yang unik pada kulitnya, maka dengan ini mereka bisa berubah warna, berikut ini adalah penjelasan tentang bunglon berubah warna.

Sinar Matahari
Bila bunglon berjemur di cahaya matahari maka si bunglon ini akan mengubah warna kulitnya dengan warna hijau, ini untuk memaksimalkan refleksi sinar matahari yang di dapatnya.

Suhu
Suhu kulit Chameleon di saat dingin akan berubah warna lebih gelap ini berguna untuk memaksimalkan penyerapan panas bagi bunglon.

Mood
Chameleon jantan bila di tantang oleh musuhnya maka mereka akan berubah warna dengan merah ke-kuningan, atau di saat mereka mendekati betina maka warna tubuhnya akan berubah dengan warna biru, ungu atau kemerahan ini untuk menarik perhatian.
Bunglon Bisa Berubah Warna ini Alasannya
Bunglon merupakan salah satu reptil yang masuk dalam keluarga Agamidae. sebagian orang menganggap bahwa bunglon berubah warna karena kamuflase atau respon terhadap lawan dan bahaya, padahal tidaklah demikian.

Bunglon di kenal dapat mengubah warna kulitnya, akan tetapi bunglon berubah warna kulitnya hanya ke warna-warna tertentu saja, dan bunglon bisa berubah warna kulitnya karena adanya fungsi dalam tubuh bunglon  dan mendukung adanya fungsi tersebut.

Pada kulit bunglon terdapat sel-sel warna di bawah kulitnya yang transparan, pada lapisan ini terdapat ada dua lapisan sel yang terdapat pigmen berwarna merah dan kuning yang di sebut dengan chromatophores. Di bawah lagi memiliki sel yang berwarna biru dan putih, dan di bawahnya lagi terdapat lapisan melanin untuk warna coklat seperti yang di miliki manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *