Cumi-cumi Vampir Dalam Lautan Dalam

Cumi-cumi Vampir - Kalau yang namanya vampir di kita mengenalnya hanya di film-film dan novel, akan tetapi di dunia nyata ada beberapa vampir di antara kelelawar vampir, dan kali ini saya akan memberikan informasi sekilas tentang cumi-cumi vampir, mereka terdapat dalam lautan yang dalam.

Cumi-cumi vampir merupakan salah satu cumi-cumi yang banyak ilmuan ingin mengetahui tentangnya, dan ilmuan ingin mengetahui bagaimanakah hewan ini bereproduksi dalam lautan yang dalam dan gelap. Ternyata cumi-cumi ini sangat beda dengan cumi-cumi pada umumnya.

Cumi-cumi vampir nama latinnya adalah Vampyroteuthis infernalis, cumi-cumi ini beda dengan cumi-cumi pada umumnya yang hanya bertelur satu kali, namun beda dengan cumi-cumi vampir yang bisa bertelur sampai 100 kali. Ini hasil studi yang di muat dalam jurnal Current Biology.

Hewan ini hidup dalam perairan yang dalam dan diperkirakan tidak nyaris tidak terjangkau cahaya, cumi vampir bertubuh transparan dan hidup di lautan yang dalam, mereka tidak lama bertahan hidup bila di tempatkan dalam penampungan, maka dengan ini juga ilmuan sulit untuk merekam prilakunya.
Cumi-cumi Vampir Dalam Lautan Dalam

Nama cumi-cumi vampir, mendapatkan nama ini karena hewan ini dari bentuknya yang seram "mengerikan" memiliki warna yang gelap, selaput bagikan jubah di tentakel. matanya memiliki warna merah, maka dengan ini cumi-cumi ini di sebut "Cumi vampir dari Neraka".

Walaupun namanya cumi vampir namun cumi-cumi ini tidak menghisap darah, seperti vampir yang di film kan, dalam taksonomi, cumi-cumi ini termasuk dalam ordo yang berbeda dengan cumi-cumi di perairan dangkal. Cumi-cumi ini masuk dalam ordo Vampyromorphida. dan cumi ini adalah  relik phylogenetic yang merupakan salah satu spesies yang tersisa dari ordo tersebut.

Dulunya sekitar tahun 1903 cumi vampir ini di klasifikasi sebagai gurita oleh ilmuan Jerman. dan selanjutnya di masukkan dalam ordo Vampyromorphida, yang memiliki beberapa spesies yang sudah punah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *