Tupai Tanah Salah Satu Binatang Kanibal

Tupai Tanah atau tupai puwar (Tupaia tana), Ini merupakan salah satu jenis tupai yang memiliki tubuh yang besar di antara jenis tuapai. Tupai-tupai ini bisa di jumpai di Sumatera dan Kalimantan.

Tupai ini memiliki panjang 165 sampai 321 mm, dan ekornya 130 sampai 220 mm, kaki belakangnya  43 sampai 57 mm. Bulu pada badannya lurik dan pangkalnya dengan warna hitam pada ujungnya coklat dengan agak kemerahan. ini akan tampak bahwa tupai tanah memiliki punggung dengan coklat kemerahan. Pada bagian depan dari kepala sampai bahu agak lebih pucat warnanya abu-abu kekuningan. Pada bagian punggung terdapat garis yang semakin gelap sampai dengan pantatnya. sisi bawah dengan warna abu-abu kekuningan. 
Tupai Tanah Salah Satu Binatang Kanibal

Tupai-tupai tanah ini aktif mencari makan pada siang hari, terutama mereka mencari makan di atas tanah, dan hewan-hewan ini hidup berpasangan. Tupai tanah remaja merupakan salah satu hewan dengan rantai makanan terendah. Saat tupai ini lahir dari induknya mereka haru bertahan hidup dengan kedinginan, kelaparan dan juga haru bertahan dari predator yang merupakan Tupai tanah lain. Induk dari tupai tanah bila kehilangan anaknya maka mereka akan berpindah ke tempat lain yang lebih aman, dan akan mencari lubang-lubang tupai lainnya, tentunya mereka juga akan membunuh anak-anak tupai yang ada di sarang tersebut dengan memakannya.

Makanan utama dari tupai-tupai ini adalah serangga, kutu, larva kumbang, rayap, semut, cacing tanah dan juga mereka memakan buah-buahan. tupai-tupai ini bergerak aktif pada tanah, mereka terlihat tidak pernah diam dalam beraktifitas bagaikan gelisah.

Tupai-tupai ini hidup di perbukitan dataran rendah yaitu di Sumatera dan Borneo, mereka biasanya hidup pada ketinggian 1.000 M, dan mereka juga di temukan pada ketinggian 1500 mdpl.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *