Buah Rukam atau Rukem, Buah Asli Indonesia

Rukam atau Rukem ini merupakan tumbuhan asli nusantara yang buahnya dapat di makan, ini dapat di makan langsung saat segar dan di olah menjadi selai. Dalam memakan terdapat keunikan yaitu buah Rukam di pijit-pijit dulu bagian luarnya agar rasa sepatnya hilang waktu dimakan. 

Buah Rukam merupakan tumbuhan asli nusantara yang dalam bahasa latinnya dikenal dengan Flacourtia rukam, buah ini sekarang sudah mulai langka di indonesia. Tumbuhan ini tumbuh di Asia Tenggara dan India. Tumbuhan ini tumbuh di daerah tropika dengan ketinggian sampai 1500 mdpl. Habitat asalnya di daerah hutan primer dan sekunder, tumbuhan ini sangat beradaptasi dengan kondisi lingkungan di antaranya curah hujan, suhu, dan kondisi tanah.
Buah Rukam atau Rukem, Buah Asli Indonesia

Buah rukam kalau mau dimakan di pijit-pijit bagian luarnya agar sepat buah ini hilang unik bukan buah yang satu ini. Buah ini dikenal dengan buah Rukam dan juga terdapat beberapa sebutan di indonesia di antaranya, Ganda Rukem, Gerendang (jawa), Klangtatahkutang (Kalimantan). Kalau dalam bahasa inggris di sebut dengan Rukan atau Rukemini dan juga indian prune. Kalau di beberapa negara di kenal dengan Rukam (filipina), Rukem (malaysia), Tha Khop Thai (Thailand), Jawa Rukamu (Jepang).

Tumbuhan ini kalau dalam bahasa latin di kenal dengan Flacourtiarukam atau Flacourtiaeuphlebia. Tumbuhan ini terdapat di daerah Sumatera, Pulau Bangka, Belitung, dengan batangnya yang berduri dan buahnya rasa manis, kalau masih berwarna hijau buah ini sangat sepat sekali, buah ini dapat juga di makan dengan cara di asinkan atau dapat juga di makan secara langsung atau masih mentah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *