Kayu Putih Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tumbuh

Kayu Putih - Orang-orang banyak yang kenal dengan namanya minyak kayu putih, yaitu minyak gosok yang banyak di jual di kios-kios di pinggiran jalan untuk masuk angin dan untuk kegunaan lainnya bagi tubuh, tapi kenalkah anda dengan kayu putih.?? Berikut ini saya akan jelaskan tentang kayu putih serta manfaat dan khasiat-nya.

Tumbuhan kayu putih merupakan tumbuhan yang berbatang dengan tinggi sampai 10-20 meter, dengan kulit batangnya yang berlapis-lapis dengan warna putih keabuan dan kulitnya biasanya terkelupas dengan tidak beraturan. Batangnya tidak terlalu besar dan bercabang yang menggantung ke bawah.

Tumbuhan kayu putih bisa tumbuh di tanah tandus, dan juga dapat tumbuh tunas kembali bila terjadi kebakaran, tumbuhan kayu putih ini dapat di temukan pada daerah dataran rendah dengan ketinggian sampai 400 mdpl. Tumbuhan ini juga dapat tumbuh di sekitaran pantai, hutan bakau, rawa-rawa, di tanah kering sampai dengan tanah basah.

Tumbuhan ini dikategorikan sebagai tumbuhan obat, dan tumbuhan ini banyak khasiatnya dan manfaatnya bagi kesehatan. Biasanya yang banyak di manfaat sebagai obat kulit dan daunnya dan ini di olah sebagai ramuan yang kegunaannya untuk menghangatkan tubuh dalam perjalanan jauh pada musim dingin. Dan juga ramuannya dapat digunakan untuk mengatasi muntah dalam perjalanan yang jauh dan juga masalah kesehatan lainnya.

Berikut ini adalah Kegunaan dan Khasiat kayu putih bagi Kesehatan Tubuh
  1. Rematik
  2. Nyeri pada tulang atau saraf (neuralgia)
  3. Diare, radang usus, perut kembung
  4. Kulit radang
  5. Penyakit kulit yang di sebabkan oleh alergi
  6. Demam, Batuk dan flu
  7. Sakit gigi dan sakit kepala
  8. Asma
Ini yang digunakan pada tumbuhan kayu putih adalah buah, kulit pohon, ranting dan daun.
  • Sulingan daun dan ranting biasanya banyak dijadikan sebagai minyak kayu putih atau disebut juga dengan cajeput oil,  ini berkhasiat sebagai obat gosok untuk bagian tubuh yang nyeri sampai bagian tubuh yang sakit. Contoh nya digunakan sebagai obat sakit kepala, sakit gigi, pegal-pegal, kejang pada kaki, di gigit serangga, luka dan kadang sebagai obat batuk dan lainnya.
    Kayu Putih Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tumbuh
  • Minyak kayu putih asli kalau di kocok dalam botol maka gelembungnya akan hilang dengan cepat. bila minyak kayu putih di palsukan maka kalau di kocok gelembung-gelembungnya tidak cepat menghilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *