Musang air Cynogale bennettii

Musang Air - Ini merupakan musang semi akuatik yang di jumpai di hutan-hutan yang utamanya dapat dijumpai di hutan dataran rendah. Hewan ini dapat dijumpai di daerah sungai -sungai dan rawa-rawa. Semenanjung Thailand hingga Malaya, Kalimantan sampai dengan Sumatera. Musang air spesies terakhir ini di anggap sebagai musang air yang terpisah biasanya di sebut dengan Musang Lowe (Lowe's Otter, C. lowei).

Musang air atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Cynogale bennettii, mereka memiliki bentuk yang beradaptasi dengan lingkungannya atau habitatnya, musang air memiliki mulut yang lebar dan kaki mereka berselaput dengan alas kakinya yang telanjang dan memiliki cakar yang panjang. moncong-nya panjang dan memiliki kumis yang panjang, mereka memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan berang-berang. mereka memiliki berat sampai 3-5 kg yang dewasa. 
Musang air Cynogale bennettii
Musang air atau Cynogale bennettii
Musang ini merupakan hewan nokturnal yang meurpakan binatang yang beraktifitasa pada malam hari, mereka mencari makanan pada air seperti ikan, kepiting, dan hewan-hewan air kecil lainnya. Selain memakan hewan yang di air hewan ini juga mampu memanjat pohon-pohon dan mereka memakan burung dan kadang buah-buahan. Beraktifitas pada malam hari dan mereka sering bersembunyi maka hewan ini tidak banyak di pelajari. 

Musang air walaupun populasi nya kurang di ketahui namun musang ini dimasukkan dalam hewan yang langka di indonesia dan dunia, di perkirakan hewan ini terjadi penurunan habitatnya samapai 50 %. Ini disebabkan dengan terjadinya berkurangnya hutan akibat pengundulan dan tercemar-nya air, dan rusaknya daerah sungai tempat mereka mencari makanan.

Walaupun hewan ini merupakan hewan yang langka dan mereka di lindungi di dunia, namun sebagian masyarakat menganggapnya sebagai hama, yang mencuri ikan dan memakannya di kolam-kolam peliharaan ikan masyarakat. Hewan ini juga kadang di jadikan sebagai hewan peliharaan karena kecantikannya dan kelincahannya dan juga sebagian berhasil membiakkannya dengan cara merawatnya dengan baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *