Musang Pandan atau Asian Palm Civet

Musang Pandan atau Musang luwak kalau dalam bahasa ilmiah dikenal dengan nama Paradoxurus hermaphroditus, kalau di Malaysia dikenal dengan dengan musang pulut, dalam bahasa Inggris asian palm civet.

Musang pandan memiliki ukuran tubuh sedang yang mencapai 90 cm, sampai dengan ekornya, yang sekitar 40 cm lebih atau kurang. Bagian sisi tubuhnya abu-abu dan kecoklatan dengan variasi warna coklat sampai merah tua, dan terdapat jalur di punggungnya dengan warna hitam. biasanya dengan 3 garis atau 5 garis yang agak tidak jelas.

Memiliki Wangi Daun Pandan

Dinamakan musang pandan karena memiliki wangi bagaikan wangi daun pandan, di saat sudah berumur dewasa. Pada saat musim kawin musang jantan akan mengeluarkan wangi daun pandan, pada kelanjar yang ada di bawah ekornya, hal ini bermaksud untuk memikat sang musang betina. Hal ini tidak sama dengan musang betina, mereka tidak mengeluarkan wangi pandan seperti musang jantan. Pada saat musim kawin musang jantan dan betina mereka lebih agresif. dan musang betina memiliki 3 pasang susu.

Musang Pandan atau Musang luwak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *