Teripang, Gamat atau Timun Laut

Teripang atau Gamat ini merupakan hewan yang hidup di dasar laut sekilas mirip dengan timun dan dan disebut juga dengan timun laut, kalau di Malaysia di kenal dengan nama Gamat dan dalam bahas cina di namakan dengan Hoi Som.

Teripang di kenal sebagai obat dan banyak khasiat, hewan ini telah digunakan secara turun-temurun sekitar 500 tahun lalu, hewan ini banyak digunakan untuk pengobatan luka dan persalinan. Zat aktif yang terdapat pada teripang mudah di serap oleh tubuh dan kulit yang di namakan dengan gamapetida, memiliki berat molekul yang kecil. Zat ini akan di serap oleh pencernaan dan masuk ke aliran darah dan masuk ke sel-sel jaringan tubuh. Kemudian akan merangsang sel-sel dan menjadikan normal kembali.

Teripang terdapat 1000 spesies dan yang dapat dijadikan sebagai makanan hanya 40 spesies saja, salah satu jenis teripang yang banyak di gunakan adalah teripang Emas atau Species Stichopus Hermani


Teripang, Gamat atau Timun LautTeripang emas terdapat banyak zat gizi seperti protein, omega 3, mineral, dan bio Active Element. dalam pengobatan tradisional cina teripang telah lama digunakan dan sudah digunakan 1000 tahun yang lalu, ini digunakan sebagai obat penyembuhan luka, meredakan rasa sakit persendian, melancarkan darah, dan juga dimakan sebagai hidangan untuk menjaga kesehatan yang di nilai sebagai gingseng laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *