Tumbuhan Victoria Amazonica, Sang Teratai Daun Raksasa

Ini merupakan tumbuhan Teratai raksasa yang disebut dengan nama Victoria Amazonica, ini merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah sungai amazon dan tepatnya berasal dari Amerika Selatan, ini merupakan tumbuhan dari suku Ranales, family Nymphaeaceae, ini merupakan tumbuhan primitif, dengan bunga yang berputik banyak dan juga tumbuhan ini pernah di anggap sebagai suku Policarpaceae.

Teratai ini merupakan tumbuhan air yang disebut dengan teratai raksasa, daunnya bulat sampai berdiameter 150 - 200 cm, daunnya mampu menahan berat sampai 12 kg, dengan tangkai penompangnya sepanjang 260 - 520 cm. dan tumbuhan ini dalam satu batang bisa terdapat 6 sampai 9 daun, maka tumbuhan ini tumbuh dengan memerlukan tempat yang luas, dan memerlukan tempat sampai 6 -10 meter. woooww keren bukan?? apakah anda mau menjadikan tanaman ini sebagai tanaman di kolam rumah anda??, kalau mau jadikan tanaman ini sebagai tanaman di kolam di rumah anda, maka anda harus menyiapkan tempat yang luas untuk tumbuhan ini.
Tumbuhan Victoria Amazonica, Sang Teratai Daun Raksasa
Tumbuhan Victoria Amazonica, Sang Teratai Daun Raksasa

Tumbuhan teratai raksasa ini dicatat oleh botani Thaddäus Haenke pada tahun 1801. ini pertama kalinya di temukan di Bolivia, namun Thaddäus Haenke tidak sempat mempublikasikan temuannya ini karena dia meninggal dalam ekspedisi di Filipina, dan selanjutnya pada tahun 1982 Poeppig, menemukannya kembali di Amazon dan mempublikasikan dengan nama Euryale amazonica,  Di saat itu penamaannya tidak tepat karena tumbuhan ini tidak semarga ferox yang merupakan tumbuhan teratai china dan India.

Pada tahun 1836 robert H. schomburgh mengambil spesimen tumbuhan ini dari sungai Berbice, Guyana, Selanjutnya berdasarkan ini Lindley mempublikasikannya dengan nama Victoria regia, pada tahun 1837. di namakan dengan Victoria regia ini karena ini untuk menghormati ratu inggris Victoria pada saat itu. dengan nama inilah nama tumbuhan ini di pakai sampai sekarang.

Teratai raksasa Victoria Amazonica ini dapat tumbuh di kolam yang besar, danau dan akuarium yang besar dan yang mendapatkan sinar matahari secara langsung. akan tetapi tumbuhan ini habitat aslinya pada sungai Amazon dan tempat - tempat lainnya kalau di budidayakan dan memerlukan perawatan yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *