Ciri-ciri Khusus Beberapa Tumbuhan

Ciri-ciri Khusus Beberapa Tumbuhan
Tumbuhan terdapat ciri-ciri khusus ini semuanya berbeda dengan satu yang lainnya, ciri-ciri ini pada dasarnya tumbuhan untuk bertahan hidup. kalau bagi manusia ciri-ciri ini untuk membedakan antara jenis-jenisnya. Ciri-ciri khas tumbuhan sebagai berikut.
  • Batang berongga.
  • Mampu mengeluarkan bau busuk.
  • Daun lebar dan tipis.
  • Akar nafas.
  • Batang tebal.
  • Batang berduri.
  • Menggugurkan daun.
Berikut ini merupakan beberapa tumbuhan dengan ciri-ciri khusus. 

Tumbuhan Mawar
Ciri-ciri khusus dari bunga mawar adalah batangnya yang berduri, ini dapat berfungsi untuk mempertahankan diri dari musuh yang alami sang bunga mawar, ciri-ciri lainnya adalah tumbuhan ini memiliki sistem perakaran tunggal atau juga dengan akar tunggal.

Ciri-ciri tumbuhan kaktus
Tumbuhan kaktus merupakan tumbuhan yang hidup di daerah yang curah hujannya minim. Maka kaktus memiliki batang yang tebal bagaikan gabus ini untuk membekali mereka bertahan hidup, ini berfungsi untuk penyimpanan air. dan Tumbuhan kaktus juga memiliki daun yang kecil yang menyerupai duri, ini juga bermanfaat agar tidak banyak mengurangi air pada kaktus.

Kantong Semar
Tumbuhan kantung semar memiliki ciri yang khas, yaitu mereka memiliki cairan yang berfungsi untuk mencerna mangsanya yaitu serangga. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan pemangsa serangga yang memiliki daun bagaikan kantung yang digunakan untuk mencerna serangga.

Tumbuhan Putri Malu
Dinamakan dengan putri malu karena tumbuhan ini kalau di sentuh maka daunnya akan menutup bagaikan malu-malu, batang tumbuhan putri malu berduri ini untuk pertahanan dari musuh alami.

Tumbuhan Bunga Teratai
Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan hydrophyt yaitu tumbuhan yang dapat menyesuiakan diri dengan lingkungan tempat hidupnya yaitu air, ciri-ciri khusus tumbuhan ini adalah memiliki daun yang lebar ini dapat membantu dan mempermudah penguapan air, dan pada batangnya memiliki rongga-rongga tempat penyimpanan udara agar tumbuhan ini dapat mengapung di air.

Enceng gondok
Ini sama dengannya teratai, tumbuhan Enceng gondok memiliki tangkai daun yang berongga ini berfungsi untuk mengapung di permukaan air.

Reflesia dan Bunga Bangkai
Bunga bangkai merupakan bunga yang mengeluarkan bau busuk yang menyengat seperti bau bangkai, ini berfungsi untuk memancing lalat agar hinggap di bunga bangkai dan lalat-lata ini dapat membantu proses penyerbukan. inilah ciri-ciri khusus dari bunga bangkai.

Tumbuhan Bunga Matahari
Tumbuhan bunga matahari memiliki bunga yang menyerupai matahari dengan warnanya yang kuning, dan mengikuti arah matahari, tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki sinar matahari yang cukup untuk menompang hidupnya.

Ciri Tumbuhan Bambu
Ciri-ciri tumbuhan bambu adalah memiliki duri dan memiliki bulu yang gatal ini dapat berfungsi dari gangguan musuh.

Tumbuhan Bakau
Tumbuhan bakau memiliki ciri khusus yaitu memiliki akar nafas ini berfungsi untuk alat pernafasan saat tumbuhan ini tergenang air.

Inilah beberapa tumbuhan dengan ciri-ciri khusus yang hidup di beberapa tempat dengan ciri-cirinya yang unik. dan juga masih banyak tumbuhan lainnya yang memiliki ciri-ciri khusus dan tempat tumbuhannya yang berbeda-beda.

Ddan semoga ini bermanfaat untuk anda sekalian dan saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *