Hydnora Africana Tumbuhan Monster yang Lanka

Hydnora Africana merupakan tumbuhan yang parasit. Namanya di ambil dari bahasa yunani yang Hydnon yang berarti jamur, walaupun tumbuhan ini tergolong dalam tumbuhan parasit namun tumbuhan ini tidak merusak inang-nya. Tumbuhan ini di temukan pada tahun 1774 oleh seorang yang bernama Carl Thunber, tumbuhan ini tidak memiliki batang, daun dan klorofil, akar tumbuhan ini dengan warna coklat, dan juga banyak menyimpan air, akarnya bagikan tentakel gurita yang terdapat tonjolan-tonjolan pada akarnya. 
Hydnora Africana Tumbuhan Moster yang Lanka
Hydnora Africana

Bunganya tumbuh di atas permukaan tanah, bagian luar dari kelopaknya berwarna coklat gelap, dengan dalamnya yang oranye dengan kemerah-merahan dan pada pinggirnya terdapat serabut-serabut putih. Kalau kelopaknya terbuka maka bagaikan mulut moster yang siap memakan apapun. Buahnya berdiameter 80 cm dengan terdapat 20.000 biji, yang di sukai hewan-hewan seperti burung, tikus, landak, dan hewan lainnya.

Yang unik dari tumbuhan Hydnora Africana adalah cara penyerbukannya dengan menggunakan serangga, dengan cara memancing serangga dengan bau busuk-nya, dan serangga akan terperangkap dengan bunga ini yang menutup, dan serangga akan berada dalam bunga ini dalam waktu beberapa hari, selama dalam bunga ini serangga akan memakan bagian dalam dari bunga ini, dan serangga akan keluar dan akan menempelkan serbuk sari dari bunga lain.
Hydnora Africana Tumbuhan Moster yang Lanka
Hydnora Africana


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *