Murai Batu Kalimantan atau Murai Batu Borneo

Murai Batu - Biasanya burung Murai batu di bedakan berdasarkan tempat asalnya, contohnya murai batu dari pulau Sumatera yaitu murai batu Aceh, Burung murai batu medan, murai batu lampung, murai batu bengkulu, dan lain sebagainya.

Selain di daerah Sumatera murai batu juga terdapat di Kalimantan, Burung murai batu yang dari kalimantan biasanya di sebut dengan Murai Batu Borneo atau disebut dengan murai batu kalimantan juga di bedakan berdasarkan tempatnya di antaranya murai batu palangka (Kalimantan Tengah), dan murai batu Banjat (Kalimantan Selatan).
Murai Batu Kalimantan atau Murai Batu Borneo

Pada pasar pencinta burung, murai batu Kalimantan di hargai dengan murah, dibandingkan dengan murai batu Sumatera dan kualitasnya berada di bawah murai batu Bengkulu. Ini mungkin disebabkan dengan kicauannya yang kurang bagus dan kurang lincah.

Pada umumnya murai batu hampir sama atau mirip dengan murai batu lainnya, di antaranya warnanya dan juga perawakannya. Beberapa murai batu yang mirip di antaranya murai batu medan yang mirip dengan murai batu Aceh, Murai batu Lampung mirip dengan burung murai batu Kalimantan atau Borneo.

Dalam hal ini maka orang awam sulit membedakan antara burung murai batu lampung Dengan Borneo. Berikut ini adalah untuk membedakan antara jenis murai batu Kalimantan sama murai batu Lampung.

Ciri-ciri Burung Murai batu Kalimantan
  • Memiliki ekor yang pendek antara 8 sampai 13 cm
  • Membusungkan dada saat bertarung dengan lawan
  • Suara kurang jernih
  • Warna bulunya pada bagian dada kekuning-kuningan atau lebih cerah
  • Ekornya memiliki kemiripan panjang antara yang putih dan hitam
Warnanya yang dimiliki memiliki ciri-ciri tertentu. Warna ekornya kadang hitam polos tanpa warna putih.

Burung murai batu kalimantan dibagi menjadi  3 yaitu.
  • Murai Batu banjar
  • Murai Batu Mahkota
  • Murai batu palangka
Murai batu dari yang ketiganya itu memiliki warna bulu pada dada yang hampir sama yaitu coklat tua, coklat muda sampai dengan kekuning-kuningan. Dari ketiganya itu mereka memiliki warna kaki yang berbeda-beda dari mulai hitam, putih, coklat sampai dengan merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *